Warga Nice Peringati Kemerdekaan Prancis Saat Truk Tabrak Kerumunan Orang

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 15 Jul 2016 09:08 WIB
Truk yang menabrak kerumunan orang (REUTERS/Eric Gaillard)
Paris - Insiden tragis di Nice, Prancis terjadi saat peringatan Bastille Day yang jatuh setiap tanggal 14 Juli. Bastille Day juga diperingati sebagai hari kemerdekaan Prancis setiap tahunnya.

Seperti dilansir independent.co.uk, Jumat (15/7/2016), Bastille Day sebenarnya menandai peristiwa penyerbuan penjara Bastille, Paris pada 14 Juli 1789 silam. Momen itu memicu revolusi dan menandai dimulainya republik demokrasi di Prancis serta mengakhiri kepemimpinan tiran Louis XVI.

Bastille Day bukan secara langsung memperingati penyerbuan Bastille, melainkan lebih pada merayakan kemerdekaan politik dengan slogan ternama 'Liberte, Egalite, Fraternite' atau Kebebasan, Kesetaraan dan Persaudaraan.

Peringatan Bastille Day biasa digelar dengan parade militer dan upacara di Paris, dengan tentara, tank dan jet tempur Prancis mengudara di atas landmark ternama Champs Elysees. Peringatan lain yang diwarnai pertunjukan kembang api dan berbagai acara digelar di seluruh wilayah Prancis.

Salah satunya peringatan di Nice, French Riviera, yang diwarnai insiden tragis yang merenggut puluhan nyawa. Kerumunan orang sedang asyik menonton kembang api, menikmati orkestra dan perayaan yang digelar di tepi pantai tersebut, saat sebuah truk dengan brutal menabrak mereka pada Kamis (14/7) malam waktu setempat.

Truk berukuran besar itu melaju kencang sejauh beberapa ratus meter di sepanjang Promenade des Anglais. Saksi mata, seperti dilansir Reuters, menyebut truk itu sengaja menabrak orang-orang yang sedang berkumpul. Orang-orang yang sedang menikmati pantai di dekat Hotel Negresco juga ikut menjadi korban.

(nvc/bag)