Berusia 82 Tahun, Kaisar Jepang Akihito Berencana Turun Tahta

Rina Atriana - detikNews
Kamis, 14 Jul 2016 02:23 WIB
Kaisar Akihito (Foto Thomas Peter/Reuters)
Tokyo - Kaisar ke-125 Jepang, Akihito, berencana untuk turun tahta. Hal tersebut ia kemukakan lantaran usianya yang telah menginjak 82 tahun.

Berdasarkan informasi dari CNN, Kamis (14/7/2016), rencana Akihito untuk turun tahta disampaikan pertama kali oleh kantor berita Jepang, NHK, yang mengutip informasi dari sumber di Imperial Household Agency. Akihito percaya usianya yang tak muda lagi telah menghambatnya dalam menjalankan tugas.

Disebutkan Kaisar Akihito tengah menyiapkan pernyataan untuk disampaikan ke publik. Hanya saja NHK tak menyebut kapan pernyataan tersebut akan disampaikan. Kejadian turun tahta Akihito akan menjadi pertama kalinya dalam 200 tahun terakhir di lingkungan Kekaisaran Jepang.

Sejak 3 bulan lalu, pihak kekaisaran telah mengumumkan bahwa Kaisar dan istrinya, Michiko (81), akan mengurangi intensitas penampilan di publik karena faktor usia. Putra Mahkota Naruhito (56) dan istrinya yang akan mengambil alih tugas tersebut.

Kesehatan Akihito memang sempat menjadi berita utama di Jepang beberapa tahun terakhir. Tahun 2012, ia menjalani operasi bypass kanker arteri koroner dan berjalan lancar. Beberapa bulan setelahnya, ia dirawat di rumah sakit untuk penyakit demam dan bronkitis yang dideritanya.

Akihito sendiri mengakui bahwa sejak 2010 mengalami masalah pendengaran. Serta pada 2008 sukses menjalani operasi kanker prostat.

Akihito menjadi kaisar Jepang menggantikan kaisar sebelumnya yakni Hirohito pada tahun 1990 lalu. Dia selanjutnya akan digantikan oleh putranya, Putra Mahkota Naruhito. (rna/imk)