Theresa May akan Jadi PM Perempuan Inggris Kedua Setelah Margaret Thatcher

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Selasa, 12 Jul 2016 00:05 WIB
Foto: Reuters
London - Perdana Menteri Inggris David Cameron akan resmi menggundurkan diri pada Rabu (13/7). Menteri Dalam Negeri, Theresa May akan diplotting untuk menduduki posisi yang ditinggalkan Cameron.

Dilansir Reuters, Senin (11/7/2016), David Cameron sebelumnya mengatakan akan resmi mundur pada bulan Oktober. Namun, hari ini, Cameron menyatakan bahwa dia akan menyerahkan surat pengunduran diri pada Ratu Elizabeth Rabu lusa.

Sebelumnya, ada dua sosok yang digadang-gadang akan menjadi pengganti David Cameron. Dua orang itu adalah, Menteri Dalam Negeri Theresa May dan Menteri Energi Andrea Leadsom.

Dua perempuan ini mendapatkan suara terbanyak dalam pemilihan terakhir di internal Partai Konservatif. May memperoleh 199 suara sementara Leadsom mengekor dengan 84 suara.

Namun, dengan pengunduran diri David Cameron yang dipercepat, maka Theresa May akan menjadi Perdana Menteri Inggris pada Rabu (13/7) malam. Theresa akan langsung menggantikan Cameron yang akan menyerahkan surat pengunduran dirinya setelah sidang parlemen.

Dengan demikian, maka Theresa May akan menjadi Perdana Menteri perempuan kedua di Inggris. Perdana Menteri perempuan pertama di Inggris adalah Margaret Thatcher.

Siang tadi, David Cameron di kantornya menyatakan akan mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Inggris pada hari Rabu. Pengunduran diri Cameron menyusul keputusan rakyat Inggris untuk keluar dari Uni Eropa.

Sesaat setelah hasil referendum yang dikenal dengan sebutan 'Brexit' memutuskan Inggris keluar dari Uni Eropa, Cameron langsung mengumumkan akan mengundurkan diri secara resmi pada bulan Oktober. Namun secara mengagetkan siang ini Cameron mengumumkan mempercepat proses pengunduran dirinya.

Besok, Selasa (12/11) akan menjadi hari terakhir bagi Cameron untuk memimpin sidang kabinet. Dan pada hari berikutnya, dia akan mengikuti sidang parlemen.

"Setelah itu saya akan pergi ke sana (Istana Buckingham) dan menyerahkan surat pengunduran diri saya," kata Cameron di kantornya di Downing Street.

"Jadi, kita akan mempunyai perdana menteri yang baru di gedung ini (menunjuk kantornya) pada Rabu malam," ujar Cameron.

(Hbb/Hbb)