Kotak Hitam EgyptAir MS804 akan Dibawa ke Prancis untuk Diperbaiki

Herianto Batubara - detikNews
Jumat, 24 Jun 2016 03:24 WIB
Egyptair jatuh di Laut Mediterania (Foto: Subastian Basith/detikcom)
Kairo - Kotak hitam pesawat maskapai EgyptAir MS804 yang jatuh di Laut Mediterania telah berhasil ditemukan meski dalam keadaan rusak. Kotak hitam itu akan dibawa ke Prancis pekan depan untuk diperbaiki.

Dilansir Reuters, Jumat (24/6/2016), Komite Penyelidikan Mesir mengatakan, mereka akan mengambil chip memori dari Cockpit Voice Recorder (CVR) MS804. Bagian dari kotak hitam itu diketahui rusak saat ditemukan kapal pencari bernama John Lethbridge milik Deep Ocean Search yang dikontrak pemerintah Mesir.

Mereka berharap pihak Prancis dapat membantu menghilangkan endapan garam dari chip itu agar kembali berfungsi. CVR ini sangat penting untuk mengungkap apa yang menyebabkan pesawat jenis Airbus A320 itu kecelakaan.

Dengan hanya sedikit puing-puing dan tidak ada mayat yang ditemukan, peneliti berharap analisis kotak hitam akan membantu mereka mengetahui apa yang terjadi di setengah jam terakhir dari pesawat itu.

Sebagaimana diketahui, EgyptAir MS804 yang membawa 66 orang, jatuh di Laut Mediterania pada 19 Mei lalu, saat mengudara dari Paris, Prancis ke Kairo, Mesir. Seluruh penumpang dinyatakan tewas.

Sejumlah puing kecil maupun benda dari pesawat tersebut ditemukan mengapung di sekitar lokasi jatuhnya pesawat, yakni di Laut Mediterania. Namun hingga kini belum ada satu mayat pun yang ditemukan. (hri/hri)