Kotak Hitam EgyptAir MS804 Ditemukan di Laut Mediterania

M Iqbal - detikNews
Kamis, 16 Jun 2016 21:13 WIB
Foto: Keluarga korban menanti kabar Egyptair (AFP PHOTO / MOHAMED METEAB)
Kairo - Menyusul penemuan lokasi bangkai utama pesawat maskapai EgyptAir MS804 yang jatuh di Laut Mediterania, tim pencari berhasil menemukan kotak hitam atau black box.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (16/6/2016), komite penyelidikan Mesir merilis bahwa Cockpit Voice Recorder (CVR) yang merupakan bagian dari kotak hitam, ditemukan rusak oleh kapal pencari bernama John Lethbridge milik Deep Ocean Search yang dikontrak pemerintah Mesir

Kapal tersebut dilengkapi dengan kendaraan bawah laut yang dikerahkan untuk melakukan pencarian di dasar laut. Meski ditemukan rusak, namun bagian memori dari black box masih bisa diselamatkan.

"Peralatan kapal itu mampu menyelamatkan bagian yang berisi unit memori, yang dianggap bagian yang paling penting dari perangkat rekaman," terang Komite Penyelidikan Mesir.

Penemuan bagian kotak hitam itu lalu diserahkan kepada tim investigasi Mesir untuk dianalisis. Perangkat CVR itu sudah ditransfer dari kapal, John Lethbridge, ke kota Alexandria di mana perwakilan dari jaksa dan penyidik sudah menunggu.

Kapal John Lethbridge sebelumnya menyerahkan foto pertama bangkai pesawat MS804 di dasar laut kepada penyidik. Namun tidak dijelaskan lebih lanjut bagian pesawat sebelah mana yang ditemukan tersebut.

Sebagaimana diketahui, EgyptAir MS804 yang membawa 66 orang, jatuh di Laut Mediterania pada 19 Mei lalu, saat mengudara dari Paris, Prancis ke Kairo, Mesir. Sejumlah puing kecil maupun benda dari pesawat tersebut ditemukan mengapung di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Namun temuan bangkai pesawat baru terjadi pekan ini. (miq/mpr)