Pesawat Pasukan Elite Inggris Terbang di Atas Ikon London

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 27 Mei 2016 03:53 WIB
Pesawat V-22 Osprey di Atas Langit London (Foto: Getty Images)
London - Tentara elite Inggris memperlihatkan kekuatan memukau. Armada pesawat tempurnya mengitari objek vital kota London selama 24 jam. Hal tersebut dilakukan setelah janda dari angggota ISIS Sally Jones memperingatkan masyarakat untuk tidak mengunjungi Ibu Kota terkait ancaman bom.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, Jumat (27/5/2016), pasukan khusus tentara Inggris atau The Special Air Service (SAS) terbang menggunakan pesawat tilt rotor V-22 Osprey melintasi beberapa objek vital yang menjadi ikon kota London seperti Big Ben, Shard, London Eye, dan sungai Thames. Pesawat yang menyerupai helikopter anti teror itu melintas, tampak seperti sedang berlatih.

Ketika serangan terjadi, pasukan tempur tentara Inggris akan terbang menukik dalam bertindak. Heli-pesawat itu kemudian dijuluki 'Transformer' yang senilai 43 Poundsterling.

Pasukan SAS bersiaga tinggi untuk menanggapi adanya serangan serupa serangan Paris di kota ini. Maka diadakanlah pelatihan menggunakan pesawat V-22 Osprey di Stirling Lines, markas resimen SAS di Credenhill, dekat Hereford. Pesawat ini dapat terbang hingga jarak 1.000 mil atau delapan jam tanpa mengisi bahan bakar yang berarti jika teroris melancarkan serangan di Inggris, sebagian pesawat berjenis sama dapat menerbangkan pasukan ke beberapa lokasi.

Pesawat V-22 Osprey di Atas Langit London (Getty Images)


Kegiatan SAS ini mulai mencuri perhatian warga di Ibu Kota Inggris dengan sangat cepat ketika banyak warga yang membicarakannya juga di media sosial sebagai helikopter yang mengesankan. Sehari sebelumnya, muncul ancaman di media sosial dari 'pengantin' jihad yang menyebut akan melakukan serangan bom.

Dikutip dari Daily Mail, sebuah akun twitter @Mrs_Hu55ain menuliskan To be honest I wouldn't go into Central London through June ... or even July well to be honest I wouldn't go there at all especially by Tube. Tweet lainnya bertuliskan, ENGLAND -----> BOOM :).

Akun Twitter yang dimiliki Sally Jones itu mengejek publik dengan tweet, 'Kamu semua mudah ditakut-takuti... Itu hanya butuh waktu sebentar saja, karena Anda menyedihkan Inggris.'

Perekrut ISIS yang dikenal sebagai Mrs Terror menyampaikan pesan 'semoga musim panasmu menyenangkan'. Pesan tersebut bertuliskan 'But b4 I go, I just wanna say... have a nice summer.'

(dnu/dnu)