3 Tentara Prancis Tewas Akibat Ledakan Ranjau di Mali

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 13 Apr 2016 18:09 WIB
Foto: Internet
Paris, - Tiga tentara penjaga perdamaian Prancis tewas setelah kendaraan lapis baja mereka dihantam ledakan ranjau di Mali.

Kepresiden Prancis menyatakan dalam statemen yang dilansir kantor berita AFP, Rabu (13/4/2016), satu di antara ketiga tentara tersebut tewas seketika akibat ledakan ranjau pada Selasa, 12 April waktu setempat. Dua tentara lainnya meninggal tak lama kemudian setelah dibawa ke rumah sakit.

Dalam statemen itu disebutkan bahwa Presiden Prancis Francois Hollande sangat berduka atas kematian ketiga tentara tersebut.

Menurut Kementerian Pertahanan Prancis, kendaraan lapis baja tersebut sedang memimpin konvoi sekitar 60 kendaraan yang mengarah menuju kota gurun pasir Tessalit, ketika ranjau meledak. Pasukan tersebut merupakan bagian dari misi "Operation Barkhane", yang mana Prancis mengerahkan sekitar 3.500 tentara ke lima negara di wilayah Sahel, selatan gurun pasir Sahara, untuk memerangi para jihadis.

Menurut data Kementerian Pertahanan Prancis, dengan kematian tiga prajurit ini, berarti sejauh ini sudah 7 tentara Prancis yang tewas dalam operasi tersebut. (ita/ita)