Tak Kunjung Menikah, Puluhan Pria Lajang Gelar Aksi Demo di Turki

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 07 Apr 2016 12:10 WIB
Ilustrasi (Foto: ist)
Istanbul - Puluhan pria dari sebuah desa di Turki berunjuk rasa karena masih tetap lajang selama 9 tahun terakhir. Mereka memprotes wanita-wanita lokal yang enggan menikah dengan mereka.

Dilaporkan media setempat, CNN Turk dan dilansir Al Arabiya, Kamis (7/4/2016), unjuk rasa ini digelar oleh kaum pria dari desa Uzumlu, yang terletak di wilayah Turki bagian selatan. Mereka bahkan sampai turun ke jalanan setempat dan membawa spanduk berisi tuntutan mereka.

Kebanyakan wanita Uzumlu enggan menikah dengan pria dari desa yang sama, karena wanita-wanita itu tidak ingin tinggal di desa. Hal inilah yang memicu kaum pria desa tersebut berunjuk rasa, yang intinya mereka ingin menikah.

Spanduk yang dibawa para pria itu mengajak para wanita untuk mau tinggal di desa kecil, daripada pindah ke kota besar. Bahkan salah satu spanduk demonstran meminta bantuan Presiden Recep Tayyip Erdogan, dengan janji mereka dan istri-istri mereka nantinya akan memiliki lima anak.

Janji itu menindaklanjuti seruan Presiden Erdogan sebelumnya yang mendorong warga Turki untuk memiliki sedikitnya tiga anak.

Kepala desa Uzumla, Mustafa Bashbilan menyebut desanya saat ini memiliki populasi 233 jiwa, dengan sedikitnya 25 pria masih bujang. Pria-pria yang lajang itu berusia antara 25-45 tahun.

Disebutkan Bashbilan, kebanyakan wanita dari desa tersebut memilih untuk pindah ke kota besar, sedangkan para pria tetap tinggal di desa untuk mengurus lahan peninggalan kakek mereka.

Desa itu, menurut Bashbilan, tidak mengalami masalah keuangan, namun ketidakmampuan kaum pria untuk menikah memicu masalah besar. Pernikahan terakhir digelar di desa itu sekitar 9 tahun lalu, ketika populasi desa tersebut masih mencapai 400 jiwa.

(nvc/ita)