DetikNews
Jumat 04 Maret 2016, 16:54 WIB

Menarik! Pesawat Batavia Air Dijadikan Restoran di China

Novi Christiastuti - detikNews
Menarik! Pesawat Batavia Air Dijadikan Restoran di China Foto: china.com.cn
Beijing - Pesawat Batavia Air terlihat berada di tengah kawasan sibuk di Wuhan, China. Rupanya, pesawat jenis Boeing 737 yang tak digunakan lagi ini, sengaja dibeli pengusaha lokal untuk dijadikan restoran unik.

Dilaporkan media setempat People's Daily Online seperti dilansir Daily Mail, Jumat (4/3/2016), pesawat bekas ini dibeli pengusaha lokal yang tidak disebut namanya, dengan harga 35 juta yuan atau setara Rp 70 miliar.

china.com.cn


Pesawat ini dikirim dari Indonesia ke Wuhan, Provinsi Hubei dengan kapal beberapa waktu lalu. Kemudian pesawat itu dirakit kembali di sebidang tanah yang ada di kawasan Guanggu, Wuhan, yang dikenal sebagai kawasan pejalan kaki yang berusia 100 tahun dan banyak dipengaruhi arsitektur Eropa.

Disebutkan People's Daily Online, bagian kokpit akan dijadikan simulator pesawat dan sebagian lagi dijadikan restoran bertema pesawat. Keberadaan pesawat di tengah kawasan pejalan kaki itu, diharapkan menambah lanskap Wuhan.

china.com.cn


Pesawat berhasil dirakit dengan cepat. Namun masih belum diketahui pasti kapan restoran bertema pesawat itu akan dibuka untuk umum.

Pesawat yang telah berusia 28 tahun ini, terakhir kali dimiliki maskapai Indonesia, Batavia Air yang bangkrut tahun 2013 lalu. Pesawat ini sebelumnya dimiliki beberapa maskapai lainnya termasuk British Midland Airlines dan Mandala Airlines.

Restoran dengan tema unik cukup banyak terdapat di China. Untuk restoran dengan tema pesawat sudah ada di Chongqing sejak tahun 2012 lalu. Bagian dalam restoran dirancang sangat mirip pesawat jenis Airbus A380.

china.com.cn



(nvc/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed