Donald Trump Dinominasikan Jadi Penerima Nobel Perdamaian 2016

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 05 Feb 2016 19:10 WIB
Donald Trump (REUTERS/Carlos Barria)
Washington - Beberapa nama nominasi Nobel Perdamaian untuk tahun ini beredar secara online. Salah satunya ialah miliarder ternama Amerika Serikat Donald Trump yang tahun ini mencalonkan diri sebagai capres dari Partai Republik.

Selain Trump, nominasi Nobel Perdamaian lainnya ialah sekelompok penghuni pulau Yunani yang menyambut ramah pengungsi Suriah, kemudian budak seks Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) yang berhasil menyelamatkan diri dan kini menjadi aktivis hak wanita, lalu para tokoh perunding yang mengakhiri lima dekade perang sipil di Kolombia dan juga mantan anggota Badan Keamanan Nasional AS (NSA) Edward Snowden yang membocorkan dokumen rahasia intelijen AS.

Daftar nama nominasi Nobel Perdamaian biasanya dirahasiakan dengan sangat ketat, namun terkadang ada beberapa yang bocor ke publik sebelum waktunya. Disampaikan pengawas Nobel Perdamaian yang juga Direktur Institut Penelitian Perdamaian Oslo, Norwegia, Kristian Berg Harpviken kepada CNN, Jumat (5/2/2016), bahwa Trump dinominasikan oleh seorang patron atau pendukung yang misterius.

"Berkomitmen untuk tidak mengungkap nama pengusul nominasi," ucap Harpviken.

Berdasarkan daftar nominasi yang beredar secara online, disebutkan alasan pencalonan Trump sebagai penerima Nobel Perdamaian tahun ini. Namun tidak diketahui dari siapa alasan yang lebih bersifat pujian ini berasal.

"Semangat perdamaian melalui ideologi kuat, digunakan sebagai senjata melawan Islam radikal, ISIS, nuklir Iran dan komunis China," demikian alasan tersebut. Dalam kampanye pencapresannya, Trump berulang kali bersumpah kali untuk membombardir ISIS dan mengancam akan menerapkan tarif protektif dalam perdagangan dengan China.

Komite Nobel memperbolehkan ribuan orang di dunia untuk mengusulkan nominasi. Biasanya tokoh-tokoh seperti anggota parlemen, pejabat pemerintahan, mantan penerima Nobel dan profesor universitas-universitas dunia memberikan usulannya untuk nominasi Nobel Perdamaian.

Institut Nobel menerima seluruh nominasi yang valid, jadi belum tentu nama yang masuk akan disepakati menjadi nominasi resmi. Nantinya akan ada lima anggota panel yang akan memilih penerima Nobel Perdamaian tahun ini atau yang biasa disebut laureate. Para anggota panel ini juga berhak mengajukan nominasi mereka sendiri dalam pertemuan pertama pada 29 Februari mendatang.

Penerima Nobel Perdamaian tahun 2016 akan diumumkan pada awal Oktober mendatang.

(nvc/nwk)