Penyandang Disabilitas ini Sebut Pesawat Air India Membuatnya Merangkak

Herianto Batubara - detikNews
Senin, 01 Feb 2016 01:32 WIB
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang penumpang penyandang disabilitas Anita Ghai (53) protes ke maskapai Air India. Dia mengaku terpaksa merangkak ke dalam bus di bandara karena tak disediakan kursi roda saat turun dari pesawat.

Ghai yang juga aktivis hak-hak penyandang cacat terkemuka di India itu bercerita seperti dilansir AFP, Minggu (31/1/2015). Dia naik pesawat Air India dari dehradun menuju Bandara New Delhi, Sabtu (30/1) malam.

Setibanya di New Delhi, Ghai turun dari pesawat dibantu temannya dan staf maskapai. Namun alangkah kagetnya dia karena tidak ada kursi roda yang disediakan maskapai baginya untuk mencapai terminal bandara yang cukup jauh.

"Kami terus menunggu di landasan selama setengah jam sebelum bus datang menjemputku. Aku harus merangkak di landasan untuk naik," kata Ghai kepada AFP.

"Saya terus mengingatkan staf untuk mengatur kursi roda sepanjang perjalanan tapi shock saya ketika kami mendarat tidak ada dan semua yang mereka katakan adalah ada alasan keamanan," ucapnya.

Ghai yang duduk di kursi roda setelah menderita polio saat anak-anak itu menyebut peristiwa tersebut mengejutkan dan sangat memalukan.

Air India sendiri telah membantah insiden itu. Mereka mengatakan, ada penundaan dalam membawa kursi roda karena pesawat itu diparkir cukup jauh. (hri/hri)