Berkunjung ke Gedung Putih, Ahmed Mohamed Dipeluk Obama

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 20 Okt 2015 10:16 WIB
Ahmed Mohamed (Reuters)
Washington - Remaja muslim Amerika Serikat, Ahmed Mohamed akhirnya berkunjung ke Gedung Putih. Menghadiri malam astronomi bersama pelajar dan para ilmuwan, Ahmed pun bersalaman dengan Presiden Barack Obama yang kemudian memeluknya.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Selasa (20/10/2015), Ahmed bergabung bersama sejumlah pelajar, guru, ilmuwan, astronot dan selebriti dalam acara bernama Astronomy Night di Gedung Putih, Washington DC, pada Senin (19/10) waktu setempat.

Di antara tokoh yang hadir, Ahmed yang juga dikenal sebagai 'bocah jam' oleh publik AS menjadi sasaran berfoto selfie. Remaja berusia 14 tahun ini ditangkap polisi bulan lalu, setelah dia membawa jam digital rakitannya ke sekolah dan gurunya salah mengira jam rakitan itu sebagai bom.

Saat ditangkap, Ahmed terlihat mengenakan kaos NASA dan fotonya yang diborgol menyebar luas melalui media sosial. Presiden Obama lantas mengundang Ahmed untuk datang ke Gedung Putih.

Dalam pertemuan kali ini, Obama sempat menemui Ahmed meski hanya sebentar. Obama berjabat tangan dan bahkan memeluk Ahmed. Dalam pidatonya, Obama memang tidak secara khusus menyebut nama Ahmed, namun dia membahas soal pentingnya guru, orang tua dan masyarakat untuk menjadi inspirasi kaum muda.

"Kita harus menginspirasi lebih banyak kaum muda untuk bertanya tentang bintang," tutur Obama kepada para hadirin, sembari mendorong orangtua dan guru membantu murid-murid mengembangkan potensi mereka.

"Kita harus mengawasi, mengembangkan dan menyemangati secercah keingintahuan dan kemungkinan, bukan menekan mereka, bukan memadamkan semangat mereka," tegas Obama. (nvc/ita)