DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 14:30 WIB

Pidato di PBB, Abbas Sebut Israel Hancurkan Upaya Perdamaian

Novi Christiastuti - detikNews
Pidato di PBB, Abbas Sebut Israel Hancurkan Upaya Perdamaian Mahmoud Abbas (REUTERS/Mike Segar)
New York - Dalam pidatonya di hadapan Sidang Majelis Umum PBB, Presiden Palestina Mahmoud Abbas kembali menyerang Israel. Abbas menuding Israel melakukan sabotase terhadap upaya Amerika Serikat dalam menengahi perundingan damai.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (1/102015), Abbas juga menyebut operasi militer Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem berpotensi memicu perang antar agama. Pidato Abbas ini disampaikan di depan 193 negara anggota PBB dalam Sidang Majelis Umum PBB di New York pada Rabu (30/9) waktu setempat.

Abbas kembali menegaskan apa yang disampaikan otoritas Palestina selama beberapa tahun terakhir, yakni kesepakatan antara Israel-Palestina tidak akan berlaku selama Israel terus membangun pemukiman Yahudi di Tepi Barat dan menolak untuk membebaskan tahanan Palestina.

"Anda semua menyadari bahwa Israel menghancurkan upaya yang dilakukan pemerintahan Presiden Barack Obama dalam beberapa tahun terakhir, juga upaya Menteri Luar Negeri John Kerry baru-baru ini yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan perdamaian melalui perundingan," tegas Abbas.

Abbas mengancam akan menarik diri dari perjanjian Oslo tahun 1990-an lalu, yang ditandatangani Israel juga. "Mereka tidak memberikan kami pilihan, maka kami tidak akan menjadi satu-satunya pihak yang berkomitmen pada penerapan perjanjian ini, sedangkan Israel terus melanggarnya," ucapnya.

Tidak hanya itu, Abbas juga menyinggung Israel yang disebutnya menggunakan kekerasan brutal di kompleks Masjid Al-Aqsa. "Mengubah konflik dari politik menjadi agama, memicu ledakan di Yerusalem dan wilayah otoritas Palestina lainnya," tudingnya.

Menanggapi pidato Abbas ini, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengecam keras. "Sungguh penuh kepalsuan dan mendorong penghasutan serta tindakan tak taat hukum di Timur Tengah," sebutnya.
(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed