DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 12:27 WIB

Bendera Palestina Berkibar di PBB, Ini Komentar Pemimpin Hamas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Bendera Palestina Berkibar di PBB, Ini Komentar Pemimpin Hamas Foto: REUTERS/Carlo Allegri
Tepi Barat, - Bendera Palestina akhirnya berkibar di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Pemimpin senior Hamas, kelompok yang menguasai wilayah Jalur Gaza berkomentar atas pengibaran bendera itu.

Dikatakan Ghazi al-Hamad kepada media Al-Jazeera, Kamis (1/10/2015), pengibaran bendera tersebut merupakan langkah positif, namun ditambahkannya, "itu tidak cukup".

Menurut Hamad, kepemimpinan Palestina di Tepi Barat terlalu banyak fokus ke "aksi-aksi simbolis". Ditegaskan pemimpin senior Hamas itu, hanya dengan persatuan antara Tepi Barat dan Gaza, maka rakyat Palestina bisa "menghadapi pendudukan Israel dan mendirikan negara merdeka Palestina".

Hamad mengatakan, warga Palestina saat ini berada dalam "situasi mengerikan" seiring dengan meluasnya pembangunan pemukiman Israel dan meningkatnya ketegangan di kawasan masjid al-Aqsa di Yerusalem Timur. Di kawasan masjid tersebut, bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina terjadi nyaris setiap hari sejak beberapa pekan terakhir.

Disaksikan para diplomat dan reporter, bendera Palestina dikibarkan di kantor pusat PBB pada Rabu, 30 September pukul 13.00 waktu setempat.

Berbicara di depan orang banyak, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, seremoni bersejarah ini dipersembahkan untuk "para martir, para tahanan dan korban luka, dan mereka yang memberikan nyawa mereka ketika mencoba mengibarkan bendera ini".

Presiden Abbas menyebut pengibaran bendera ini sebagai sebuah pertanda. "Hari berkibarnya bendera di atas negara Palestina akan segera tiba. Di atas Yerusalem, ibukota negara Palestina kami," tutur Abbas.

Dalam upacara simbolis pengibaran bendera yang dipimpin Sekjen PBB Ban Ki-moon tersebut, Abbas menyerukan agar PBB juga memberikan status keanggotaan penuh bagi Palestina, di tengah kebuntuan proses perdamaian dengan Israel.

Dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada pertengahan September lalu, diputuskan bahwa bendera Palestina bisa dikibarkan di kantor pusat PBB, meski statusnya masih sebagai pengamat, bukan negara anggota PBB.



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed