DetikNews
Kamis 01 Oktober 2015, 11:27 WIB

Bendera Palestina Berkibar di PBB, Abbas: Ini Untuk Para Martir

Rita Uli Hutapea - detikNews
Bendera Palestina Berkibar di PBB, Abbas: Ini Untuk Para Martir Foto: REUTERS/Eduardo Munoz
New York, - Untuk pertama kalinya, bendera Palestina berkibar di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat. Disaksikan para diplomat dan reporter, bendera Palestina dikibarkan pada Rabu, 30 September pukul 13.00 waktu setempat.

Berbicara di depan orang banyak, Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan, seremoni bersejarah ini dipersembahkan untuk "para martir, para tahanan dan korban luka, dan mereka yang memberikan nyawa mereka ketika mencoba mengibarkan bendera ini".

Foto: Reuters

Sementara itu di kota Ramallah, Tepi Barat, ratusan warga Palestina berkumpul menyaksikan pengibaran bendera Palestina di PBB tersebut dari layar besar yang dipasang di Lapangan Yasser Arafat. Dilaporkan media Al-Jazeera,  Kamis (1/10/2015), warga Palestina menyambut gembira pengibaran bendera tersebut. Mereka menyanyikan lagu-lagu nasional dan melambai-lambaikan bendera Palestina yang mereka bawa.

Seorang tokoh Palestina, Mustafa Barghouti menyebut pengibaran bendera ini sebagai "langkah simbolis yang penting".

"Pada dasarnya, ini (pengibaran bendera) untuk menghormati banyak warga Palestina yang tewas oleh Israel saat mencoba mengibarkan bendera itu di wilayah-wilayah Palestina yang diduduki," kata Barghouti, anggota Dewan Pusat Organisasi Pembebasan Palestina.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyambut peristiwa bersejarah ini.

"Ini hari kebanggaan bagi warga Palestina di seluruh dunia. Ini hari harapan. Ini pengingat bahwa simbol-simbol itu penting," ujar Ban seperti dilansir The Guardian, Kamis (1/10/2015).

"Semoga pengibaran bendera ini meningkatkan harapan di kalangan warga Palestina dan komunitas internasional bahwa status negara Palestina bisa dicapai," imbuh pemimpin badan dunia itu.

Dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada pertengahan September lalu, diputuskan bahwa bendera Palestina bisa dikibarkan di kantor pusat PBB, meski statusnya masih sebagai pengamat, bukan negara anggota PBB.
(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed