Crane Jatuh, Raja Saudi Beri Sanksi Perusahaan Keluarga Osama bin Laden

ADVERTISEMENT

Crane Jatuh, Raja Saudi Beri Sanksi Perusahaan Keluarga Osama bin Laden

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 16 Sep 2015 10:43 WIB
Foto: REUTERS/Mohamed Al Hwaity
Riyadh - Raja Arab Saudi Salman menjatuhkan sanksi kepada Saudi Binladin Group yang bertanggung jawab atas proyek pengembangan Masjidil Haram, Makkah. Perusahaan ini dianggap lalai dalam sektor keselamatan hingga berujung tragedi yang menewaskan 111 orang.

Seperti dilansir AFP, Rabu (16/9/2015), komisi investigasi Saudi telah menyimpulkan bahwa perusahaan ini terlibat dalam tragedi crane jatuh yang terjadi pada Jumat (11/9) lalu. Penyebab jatuhnya crane tersebut masih terus diselidiki.

"Perusahaan itu tidak menghormati norma keselamatan (di lokasi proyek)," demikian sebut kantor berita resmi Saudi, Saudi Press Agency (SPA).

Para pejabat eksekutif Saudi Binladin Group dilarang untuk meninggalkan wilayah Saudi, sementara gugatan hukum terhadap perusahaan tersebut masih diproses. Selama penyelidikan dan gugatan hukum diproses, perusahaan ini dilarang untuk terlibat dalam proyek baru di mana pun.

Saudi Binladin Group merupakan perusahaan konstruksi yang dimiliki oleh keluarga mendiang Osama bin Laden, pemimpin Al-Qaeda. Selama 4 tahun, perusahaan ini mengerjakan proyek perluasan Masjidil Haram demi mengakomodasi jumlah jemaah haji yang terus meningkat.

Raja Salman sebelumnya mengumumkan bahwa setiap keluarga korban tewas akan mendapat santunan, masing-masing sebesar 1 juta riyal atau setara Rp 3,8 miliar. Santunan dengan jumlah yang sama akan diberikan untuk korban yang mengalami cacat permanen akibat tragedi ini. Sedangkan untuk korban luka, akan menerima santunan 500 ribu riyal atau setara Rp 1,9 miliar. (nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT