DetikNews
Senin 31 Agustus 2015, 15:15 WIB

Sosok Pria Lusuh Tersangka Bom Bangkok Masih Misterius

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sosok Pria Lusuh Tersangka Bom Bangkok Masih Misterius Foto: Reuters/Thai Police
Bangkok, - Kepolisian Thailand telah menangkap seorang tersangka terkait ledakan bom Bangkok. Bahan-bahan peledak dan puluhan paspor palsu pun ditemukan di apartemen yang ditinggali pria asing tersebut. Namun siapa sebenarnya pria berpenampilan lusuh tersebut masih misterius.

Kepolisian Thai hingga saat ini tidak dengan jelas menyebutkan kewarganegaraan maupun afiliasi pria itu. Bahkan keterangan simpang-siur disampaikan pejabat-pejabat kepolisian Thai. Semula, kepolisian menyebut pria yang ditangkap pada Sabtu, 29 Agustus itu mirip dengan tersangka utama bom Bangkok, yang wajahnya terekam kamera keamanan (CCTV).

Namun kemudian polisi menyatakan belum bisa memastikan apakah pria itu adalah pria yang sama dengan pria berkaos kuning yang terekam CCTV dan dinyatakan sebagai tersangka utama bom Bangkok.

Menurut pria dan wanita yang menyewa kamar di lantai apartemen yang sama dengan pria tersebut, tersangka tersebut tinggal bersama seorang pria lainnya di apartemen itu.

"Ada pria lainnya, dia jauh lebih tinggi," ujar pria yang enggan disebut namanya karena khawatir akan keselamatannya, seperti dilansir Reuters, Senin (31/8/2015).

"Mereka tetangga yang sangat pendiam," imbuh pria tersebut.

Ketika aparat polisi menggerebek apartemen untuk menangkap pria itu, dia menolak berbicara, bahkan lewat seorang penterjemah Turki sekalipun. "Tersangka tak pernah berkata apapun," kata polisi yang ikut dalam penggerebekan tersebut.

Di apartemen pria itu, puluhan paspor palsu ditemukan, termasuk beberapa paspor yang menggunakan foto tersangka, yang menggunakan nama Adem Karadag, warga Turki dengan tahun kelahiran 1987 dan 1985. Polisi juga menemukan bahan-bahan pembuat bom, seperti pupuk urea, TNT, C4, sodium karbonat, kontainer plastik dan baja yang besar, senter, obeng dan lainnya.

Kepala kepolisian Thailand Somyot Pumpanmuang pada Sabtu, 29 Agustus menegaskan, ledakan bom di Kuil Erawan pada 17 Agustus lalu bukan aksi terorisme. Menurutnya, motif pelaku adalah membalaskan dendam pribadi untuk rekan-rekannya. Namun dia tak merinci lebih detail pernyataannya itu.

Saat ini, kepolisian Thai tengah memburu dua tersangka lain terkait bom Bangkok. Keduanya disebutkan sebagai seorang wanita Thailand berumur 26 tahun dan seorang pria asing yang tidak disebutkan identitasnya. Kepolisian telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk keduanya hari ini.
(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed