Tentang Geng Motor Sadis yang Saling Bunuh di Texas

Rachmadin Ismail - detikNews
Senin, 18 Mei 2015 14:55 WIB
Reuters
Texas -

Sembilan orang tewas dan 18 lainnya luka-luka setelah perang antar geng motor pecah di sebuah restoran di Waco, Texas, Amerika Serikat. Sedikitnya tiga geng motor besar terlibat dalam baku tembak paling berdarah selama beberapa tahun terakhir ini. Bagaimana ceritanya?

Peristiwa ini terjadi pada Minggu (17/5) waktu setempat. The Dallas Morning News melaporkan, 150-200 orang anggota geng motor terlibat baku tembak. Dari 'seragam' yang dikenakan, mereka terdiri dari geng Bandidos, Cossacks and Scimitars.



Insiden ini berawal dari sebuah keributan di kamar mandi restoran Twin Peaks. Polisi setempat mengatakan, awalnya ada beberapa anggota geng yang baku hantam menggunakan tangan kosong, lalu tiba-tiba berkembang jadi keributan antar geng dan melibatkan senjata tajam hingga pistol.

Polisi menduga, keributan itu dipicu karena ada 'perpeloncoan' anggota baru. Biasanya, anak baru akan diuji lewat hal-hal berbau kekerasan atau kriminal lainnya. Polisi sudah berusaha mencegah keributan meluas, namun pihak restoran tidak mau bekerjasama.

Sedikitnya 100 senjata sudah disita kepolisian. Puluhan anggota geng motor juga ditahan polisi.



"Ini adalah kejadian paling buruk sepanjang karier saya," kata anggota kepolisian Waco, Sersan W Patrick Swanton di lokasi kejadian seperti dikutip dari USA Today, Senin (18/5/2015).

Tidak ada korban dari masyarakat sekitar atau petugas. Padahal lokasi kejadiannya berada di kawasan ramai yang dipenuhi restoran dan pusat perbelanjaan.

Geng Motor Cossacks dan Scimitars

Ini adalah dua geng motor yang berbasis di Texas. Keduanya memang berbeda 'seragam', namun tidak saling berseberangan. Bahkan dalam keributan di Waco, disebut oleh polisi mereka bergabung melawan geng Bandidos.

The Scimitars Motorcycle Club disebut-sebut sebagai geng yang lebih kecil dibandingkan dengan Bandidos dan Cossacks.



Sementara Cossacks didirikan di Texas pada tahun 1969. Ciri khas kelompok ini adalah mengenakan baju dan logo berwarna emas hitam. Para anggota klub mengklaim motor mereka berasal dari kuda-kuda yang sudah dijual. Moto klubnya adalah: We take care of our own.

Geng Bandidos

Bandidos namanya lebih mendunia. Anggota mereka tersebar di sejumlah negara di Eropa , Asia sampai Amerika. Geng ini dikenal kejam, mirip dengan Hell's Angels dan geng-geng motor besar lainnya.

Klub ini didirikan pada tahun 1966 oleh Don Chambers di Texas. Moto mereka adalah: "We are the people our parents warned us about".



Jumlah anggotanya diprediksi 2.400 orang di 210 cabang, berlokasi di 22 negara. FBI menyebut mereka sebagai geng motor pelanggar hukum.

"Mereka adalah geng motor. Kami tahu siapa sebenarnya mereka. Sekumpulkan kriminal yang datang ke Waco dan berbuat kekerasan pada komunitas kita," kata Swanton.

"Ini bukan kelompok dokter atau dokter gigi dan pengacara yang mengendarai Harley. Mereka adalah kriminal yang naik Harley-Davidson," sambungnya.



(mad/nwk)