China Tuntut Malaysia Berikan Informasi Tentang Pesawat MH370

China Tuntut Malaysia Berikan Informasi Tentang Pesawat MH370

- detikNews
Selasa, 25 Mar 2014 07:06 WIB
Keluarga Penumpang MAS Menangis (Foto: Reuters)
Keluarga Penumpang MAS Menangis (Foto: Reuters)
Beijing - China menuntut Malaysia untuk memberikan data satelit yang membuat Malaysia berkesimpulan bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 jatuh di laut dan tidak ada yang selamat. Sebelumnya, PM Malaysia Najib Razak menyatakan bahwa pesawat itu berakhir di Samudera Hindia bagian selatan berdasarkan analisis terbaru dari data satelit.

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung Senin (24/3) malam, Deputi Menteri Luar Negeri China Xie Hangsheng meminta Dubes Malaysia untuk China Iskandar Bin Sarudin untuk menyediakan 'bukti detil' yang membawa pada kesimpulan pesawat MH370 berakhir di Samudera Hindia bagian selatan. Demikian seperti yang dikatakan oleh Kementerian Luar Negeri China lewat pernyataannya yang dilansir AFP, Selasa (25/3/2014).

"Kami meminta pihak Malaysia untuk menyatakan bukti mendetil yang membawa mereka pada penilaian ini dan juga menyediakan semua informasi relevan dan bukti tentang analisis data satelit," kata Xie seperti tertulis dalam pernyataan yang dimuat di website kementerian.

"Operasi pencarian dan penyelamatan tidak dapat berhenti sekarang, kami meminta pihak Malaysia untuk menyelesaikan semua usaha termasuk pencarian dan penyelamatan," lanjut Xie.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang pada 8 Maret 2014 dengan membawa 239 orang dalam rute Kuala Lumpur-Beijing. Dua per tiganya adalah warga negara China.

Dikutip dari kantor berita Xinhua, pihak maritim China mengatakan pada Senin (24/3) malam bahwa China akan mengirim lebih banyak kapal ke Samudera Hindia bagian selatan untuk mencari puing-puing. Itu merupakan tambahan bagi 6 kapal China yang sebelumnya sudah dikirim untuk menjelajah laut demi mencari pesawat yang hilang tersebut.



(ndr/ndr)