DetikNews
Selasa 11 Maret 2014, 10:25 WIB

Intelijen Internasional Bantu Identifikasi 2 Pengguna Paspor Curian MAS

- detikNews
Intelijen Internasional Bantu Identifikasi 2 Pengguna Paspor Curian MAS Ilustrasi
Kuala Lumpur - Identitas dua pria yang menggunakan paspor curian dalam penerbangan Malaysia Airlines (MAS) MH370 terus diselidki. Otoritas Malaysia telah menyerahkan foto kedua pria misterius tersebut kepada badan-badan intelijen internasional.

Pelaksana Tugas Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammudin Hussein, seperti dilansir media setempat The Star, Selasa (11/3/2014), menyatakan bahwa hal ini demi mempercepat identifikasi kedua pria yang menggunakan paspor curian tersebut.

"Kami harap kami bisa segera merilis fotonya ke media," ucap Hishammuddin dalam konferensi pers.

"Seluruh informasi yang relevan tengah didalami oleh badan intelijen terkait. Masih terlalu dini untuk merilis informasi apapun saat ini," imbuhnya.

Berbagai spekulasi muncul soal ciri-ciri kedua pria misterius tersebut. Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi menyebut bahwa kedua pria tersebut tampak seperti keturunan Asia. Namun pejabat yang telah menyaksikan rekaman CCTV bandara Kuala Lumpur menyebut kedua pria tersebut memiliki ras Kaukasia. Bahkan informasi terakhir menyebut pria itu mirip Balotelli, penyerang AC Milan yang berkulit hitam.

Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar menyatakan pihaknya baru berhasil mengidentifikasi satu pria di antaranya yang diyakini bukan warga negara Malaysia dan juga bukan berasal dari wilayah Xinjiang, China, yang merujuk pada dugaan serangan teror dari kelompok militan di wilayah tersebut.

"Kami masih berusaha mengidentifikasi tersangka lainnya," tutur Khalid kepada wartawan.

Sementara itu, pejabat bandara Kuala Lumpur menyatakan bahwa semestinya kedua pria yang menggunakan paspor curian tersebut telah mengganti foto pemilik paspor yang sebenarnya dengan foto mereka.

"Dua pria penipu tersebut tampaknya bisa melewati pemeriksaan dengan mudah karena foto di paspor memang cocok dengan wajah mereka," ucap pejabat yang enggan disebut namanya.

Menanggapi hal ini, Direktur Departemen Penerbangan Sipil Malaysia Datuk Azharuddin Abdul Rahman membantah tudingan bahwa keamanan di bandara Kuala Lumpur kurang ketat.

"Keamanan bandara kami telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS dan Badan Penerbangan Federal selama bertahun-tahun," tegasnya.




  • Intelijen Internasional Bantu Identifikasi 2 Pengguna Paspor Curian MAS
    Ilustrasi
  • Intelijen Internasional Bantu Identifikasi 2 Pengguna Paspor Curian MAS
    Ilustrasi

(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed