Banjir di Italia Tewaskan 14 Orang

- detikNews
Selasa, 19 Nov 2013 16:45 WIB
foto: DPA
Roma, - Korban jiwa akibat banjir bandang yang menerjang pulau wisata Sardinia di Italia terus bertambah. Sejauh ini, 14 orang dilaporkan tewas dalam bencana alam yang terjadi pada Senin, 18 November waktu setempat itu.

Hujan deras dan angin kencang akibat Topan Cleopatra tersebut telah menyebabkan sungai-sungai meluap, jembatan ambruk dan rumah-rumah warga terendam banjir. Tayangan televisi memperlihatkan mobil-mobil pun hancur dan jembatan-jembatan roboh akibat topan yang melanda Senin kemarin itu.

"Saya yakin ada 14 korban... Situasinya dramatis," kata kepala wilayah setempat, Ugo Cappellacci kepada saluran berita SkyTG24 seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (19/11/2013).

Sebagian besar korban tinggal di kota Olbia. Kota tersebut nyaris seluruhnya terendam banjir dan ratusan orang terpaksa menginap di tempat-tempat penampungan.

Di antara korban jiwa termasuk empat imigran Brasil yang berasal dari satu keluarga. Mereka tewas tenggelam di flat mereka yang berada di basement di kota Arzachena. Selain itu, tiga orang sekeluarga juga tewas ketika jalan layang ambruk menimpa kendaraan mereka di dekat Olbia. Seorang ibu dan putrinya juga ditemukan tewas di dalam mobil yang terseret banjir di kota Olbia.

Saat ini para petugas penyelamat masih berupaya menyelamatkan orang-orang di dekat Nuoro yang naik ke atap-atap rumah mereka ataupun ke pohon-pohon saat banjir datang.

Atas peristiwa ini, Perdana Menteri Italia Enrico Letta akan mengadakan rapat kabinet hari ini untuk mengumumkan keadaan darurat di pulau Sardinia.

(ita/nrl)