Dituduh Terlibat Skandal Seks Gay, Kardinal Inggris Mundur

- detikNews
Selasa, 26 Feb 2013 11:04 WIB
Keith O'Brien (News.com.au)
London, - Lagi-lagi mengenai skandal seks pastur. Seorang kardinal Inggris mengundurkan diri setelah dituduh terlibat dalam skandal seks gay di era tahun 1980-an silam.

Kardinal Keith O'Brien telah dilaporkan ke Vatikan oleh tiga pastur dan seorang mantan pastur di Scotlandia atas tuduhan perilaku tidak pantas. Keempat orang itu menuding O'Brien telah melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap mereka.

"Saya terpaksa berhenti sebagai pastur bukan untuk menikah, tapi menyelamatkan integritas saya dari tindakan O'Brien,” ujar seorang mantan pastur seperti diberitakan media Inggris, The Observer dan dilansir News.com.au, Selasa (26/2/2013).

Menurut mantan pastur itu, dirinya sudah didekati O'Brien sejak menjadi calon pastur di seminari St. Andrew, Drygrange pada tahun 1980. Dia pun memutuskan berhenti sebagai pastur ketika O'Brien diangkat sebagai Uskup. "Dia memiliki kekuasaan untuk memaksakan kehendaknya kepada saya," tuturnya.

Laporan mereka telah dimasukkan ke kantor Vatikan sepekan sebelum Paus Benediktus mengumumkan pengunduran dirinya pada 11 Februari lalu. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa langkah mengejutkan Paus tersebut terkait dengan laporan mengenai skandal memalukan itu.

Pihak Vatikan pun telah menerima pengunduran diri Kardinal O'Brien. Langkah ini dilakukan sehari setelah pria berumur 75 tahun itu membantah memiliki hubungan sesama jenis dengan pastur lain.

"Saya meminta maaf jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan selama saya menjabat," kata O'Brien dalam pernyataan pengunduran dirinya.


(ita/nrl)