Mengenal Lebih Dekat 'Benteng Udara' Israel

- detikNews
Rabu, 21 Nov 2012 08:24 WIB
AFP
Tel Aviv - Ratusan roket milik Hamas ditembakkan ke arah wilayah Israel. Namun hanya sekitar sembilan puluhan roket yang sampai ke wilayah zionis itu. Israel bangga dengan benteng angkasanya yang kuat itu.

Adalah perisai rudal Iron Dome milik Israel yang berhasil menghancurkan hampir sekitar 90 persen roket-roket milik Hamas yang ditembakkan dari Gaza.
"Keberhasilan kami sekitar 90 persen. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah," kata seorang pejabat senior Israel seperti diberitakan nation.time.com, Rabu (21/11/2012).

"Sedikitnya korban di pihak Israel menunjukkan Iron Dome adalah yang paling efektif di dunia dalam uji perisai rudal yang pernah ada," imbuhnya.

Benteng Udara Israel ini dibuat oleh perusahaan senjata bernama Rafael Advanced Defense System. Iron Dome ini diklaim sebagai satu-satunya sistem pertahanan yang dapat menghalau roket, artileri dan mortir. Termasuk sistem pertahanan udara dari serangan pesawat tempur, helikopter.

Iron Dome ini dapat menghentikan ancaman serangan sejauh 70 kilometer dan dapat beroperasi di segala kondisi cuaca. Alat ini memiliki hulu ledak khusus yang dapat meledakkan target apapun di udara dalam hitungan detik. Pengadaan sistem ini tak lepas dari bantuan dana pemerintahan Presiden AS Barack Obama.

Kementerian Pertahanan Israel memilih Iron Dome sebagai solusi terbaik dalam pertahanan dari berbagai ancaman dalam waktu singkat. Israel memutuskan membangun sistem pertahanan udaranya setelah Perang Lebanon pada 2006 di mana saat itu, sekitar 4.000 roket Hizbullah menghujani Israel utara dan menewaskan 44 orang.


(fiq/mok)