Obama: Neil Armstrong Pahlawan Besar Amerika Sepanjang Masa

- detikNews
Minggu, 26 Agu 2012 04:08 WIB
Foto: AFP
Jakarta - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berduka atas meninggalnya mantan astronot AS yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan, Neil Armstrong. Obama menyebut Neil Armstrong sebagai pahlawan besar Amerika.

Obama menyebut Neil Armstrong sebagai salah satu pahlawan terbesar bangsa Amerika Serikat. Karena telah menginspirasi generasi muda untuk meraih bintang.

"Neil merupakan salah satu pahlawan terbesar Amerika. Bukan hanya saat ini, tapi sepanjang masa," kata Obama dalam sebuah pernyataan resminya setelah kematian Armstrong diumumkan, seperti dikutip detikcom dari AFP, Minggu (26/8/2012).

Mantan astronot AS, Neil Armstrong, manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, telah meninggal dunia pada usia 82 tahun karena komplikasi setelah operasi jantung.

Armstrong menjalani operasi jantung awal bulan ini, hanya dua hari setelah ulang tahunnya pada 5 Agustus 2012, untuk meringankan arteri koroner yang tersumbat.

Sebagai komandan misi Apollo 11, Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan pada 20 Juli 1969. Saat ia menginjak permukaan berdebu, Armstrong mengatakan: " Itu sebuah jejak kecil seorang manusia, sebuah lompatan besar bagi seluruh umat manusia"

Dia pernah ditanya bagaimana perasaannya mengetahui jejak kakinya kemungkinan akan tetap di permukaan bulan selama ribuan tahun. "Aku agak berharap bahwa seseorang berjalan di sana suatu hari dan membersihkan jejak tersebut," katanya.


(van/van)