2 Wanita akan Langsungkan Pernikahan Lesbian Buddha Pertama di Taiwan

- detikNews
Rabu, 11 Jul 2012 12:49 WIB
Ilustrasi
Taipei, - Dua wanita berencana mengikat janji pernikahan di Taiwan yang akan dilangsungkan pada Agustus mendatang. Ini akan menjadi pernikahan lesbian Buddha pertama di Taiwan.

Fish Huang dan You Ya-ting, kedua wanita berumur 30 tahun itu, akan menerima restu dari Master Shih Chao-hui di sebuah biara Buddha di wilayah Taoyuan, Taiwan utara pada 11 Agustus mendatang.

"Kami tahun lalu memutuskan untuk menikah," kata Huang seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (11/7/2012). "Setelah bersama selama enam tahun, kami merasa kami perlu membuat komitmen seumur hidup satu sama lain," imbuh wanita tersebut.

Dikatakan Huang, seorang pekerja sosial di yayasan budaya Buddha, ibunya telah berjanji akan menghadiri pernikahan tersebut. Sementara sang ayah belum memutuskan.

"Ayah saya menyukai Ya-ting, dan dia bilang pernikahan ini akan membuatnya merasa seperti punya anak perempuan lagi," tutur Huang. "Namun tetap, berulang kali dia menyampaikan harapannya agar saya menikahi seorang pria," imbuhnya.

Taiwan merupakan salah satu komunitas paling liberal secara kultur di Asia Timur. Kelompok-kelompok gay dan lesbian di pulau tersebut telah bertahun-tahun mendesak pemerintah setempat untuk melegalkan pernikahan sejenis. Mereka ingin menjadikan Taiwan sebagai masyarakat pertama di Asia yang melegalkan pernikahan gay.

(ita/nrl)