ADVERTISEMENT

171 Orang Tewas Akibat Banjir di Rusia

- detikNews
Senin, 09 Jul 2012 11:35 WIB
Press TV
Moskow, - Banjir terus melanda kawasan Laut Hitam di Rusia bagian selatan. Sejauh ini, sedikitnya 171 orang dilaporkan tewas dalam bencana yang dinyatakan terburuk dalam beberapa dekade terakhir di Rusia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, terbang ke lokasi bencana pada Minggu (8/7) waktu setempat dan meminta upaya pencarian korban dilakukan secara maksimal. Demikian seperti dilansir oleh Press TV, Senin (9/7/2012).

Banjir yang melanda wilayah Rusia ini menerjang hingga ke jalanan, bahkan disertai dengan lumpur. Akibatnya, ribuan rumah warga tenggelam dan dikhawatirkan banyak orang yang tewas tenggelam di rumahnya sendiri.

Terjangan banjir ini mengejutkan warga pada Sabtu (7/7) pagi, terutama di kota Krymsk yang paling parah dilanda banjir. Dugaan sementara, banjir ini merupakan luapan air dari bendungan yang ada di kawasan gunung di kota tersebut.

Ketinggian air di kota ini dilaporkan mencapai 7 meter. Otoritas setempat memperkirakan, sekitar 13 ribu warga menjadi korban dalam bencana ini. Aliran listrik di kota Krymsk juga terputus akibat banjir ini.

Sedangkan di wilayah wisata Gelendzhik, dilaporkan hujan deras terus mengguyur selama 24 jam sejak 5 bulan lalu. Hal ini memaksa layanan kereta dari Russian Railways harus dihentikan sementara.

Sementara di kota pelabuhan Novorossiisk yang juga dilanda hujan tiada henti sejak 2 bulan lalu, operasional pelabuhan harus dihentikan akibat banjir dan penyaluran minyak mentah ke kota ini menjadi terhambat.

(nvc/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT