Wow! China Bangun Hotel 30 Lantai Hanya Dalam 15 Hari

- detikNews
Senin, 09 Jan 2012 17:15 WIB
Beijing - Sebuah perusahaan konstruksi di China mengklaim mampu membangun gedung bertingkat setinggi 30 lantai hanya dalam waktu 15 hari saja. Bangunan tersebut bahkan diklaim tahan goncangan gempa hingga 9 Skala Richter (SR).

Gedung ini merupakan bangunan hotel yang bernama 'Ark Hotel', yang dibangun di atas lahan seluas 55.778 meter persegi di dekat Danau Dongting, Changsha, Provinsi Hunan. Adalah Broad Group, sebuah perusahaan konstruksi China yang dikenal ahli dalam arsitekur tahan lama, yang membangunnya.

Demikian seperti diberitakan oleh harian Daily Mail, Senin (9/1/2012). Pembangunan gedung selama 360 jam ini juga diklaim tanpa melukai satupun pekerjanya.

Gedung ini juga diklaim tahan goncangan gempa, bahkan hingga kekuatan 9 SR. Daya tahan bangunan yang 5 kali lebih kuat dari bangunan biasa ini, sudah diuji oleh Akademi Riset Bangunan China.

Semua material gedung ini dirangkai saat masih di dalam pabrik. Mulai dari ubin, atap-atap langit, lubang saluran udara maupun saluran air, semua dirakit di pabrik.

Saat dibawa ke lokasi, material gedung ini sudah setengah jadi dan tinggal dirangkai saja per bagiannya lalu kemudian dikencangkan dengan baut.

Para pekerja hanya membutuhkan waktu 46 jam saja untuk mendirikan kerangka baja bangunan utama dan sekitar 90 jam untuk menyelesaikan kerangka sisanya. Video pembuatan gedung tersebut telah diunggah ke YouTube dan memperlihatkan bagaimana pembangunan hotel tersebut dilakukan secara cepat.

Gedung ini juga diklaim ramah lingkungan dan hemat energi hingga 5 kali. Setiap ruangan memiliki pemantau kualitas udara. Udara yang masuk akan disaring dalam 3 tahap, sehingga dijamin udara di dalam gedung ini lebih segar dan dijamin 20 kali lebih bersih dari udara di luar yang sarat polusi.

Rekor sebelumnya tercatat, pembangunan gedung setinggi 15 lantai hanya dalam waktu 6 hari saja. Namun, nampaknya pembangunan gedung 30 lantai hanya dalam waktu 360 jam ini dinilai lebih mengesankan.

(nvc/ita)