DetikNews
Minggu 10 April 2016, 21:54 WIB

Perdana Menteri Ukraina Mengundurkan Diri

Indah Mutiara Kami - detikNews
Perdana Menteri Ukraina Mengundurkan Diri PM Ukraina (Foto: REUTERS/Konstantin Grishin/Files)
Kiev - Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatseniuk menyatakan pengunduran diri lewat siaran televisi setempat. Setelah sempat menolak, Yatseniuk akhirnya bersedia mundur akibat adanya konflik politik di negara tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Minggu (10/4/2016), Yatseniuk sudah menolak tekanan untuk mengundurkan diri setelah bertahan dari mosi tidak percaya terhadap pemerintah pada Februari lalu. Tetapi, krisis politik di Ukraina sudah memecah koalisi yang berkuasa serta berakibat pada penundaan pencairan bantuan dari IMF senilai US $ 17,5 juta.

"Saya sudah mengambil keputusan untuk mundur dari posisi Perdana Menteri Ukraina. Pada Selasa (12/4), permintaan akan saya sampaikan ke parlemen," kata Yatseniuk.

"Krisis politik di negara ini diciptakan secara artifisial. Keinginan untuk mengganti satu orang sudah membutakan para politisi dan melumpuhkan keinginan politik mereka untuk perubahan yang nyata. Proses perubahan pemerintah justru jadi jalan di tempat tanpa pikiran," tambahnya.

Pengunduran diri Yatseniuk ini memberi sinyal dukungan bagi ketua parlemen dan sekutu presiden, Volodymyr Groysman untuk mengambil alih jabatannya. Presiden faksi Petro Poroshenko dan partai pendukung Yatseniuk akan mengumumkan formasi koalisi yang baru pekan depan.

Dalam pidatonya, Yatseniuk mengatakan bahwa partainya berkomitmen pada koalisi dan akan memberikan kuasa pemerintahan ke Groysman. Dia pun berharap pemilihan dilakukan secepatnya.

"Faksi Petro Poroshenko menominasikan Volodymyr Groysman untuk posisi Perdana Menteri. Setelah melakukan segalanya untuk memastikan stabilitas dan kontinuitas arah kami, maka saya mendeklarasikan keputusan saya untuk mengalihkan kewajiban dan tanggung jawab sebagai kepala pemerintahan Ukraina," ujar Yatseniuk.
(imk/kff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed