DetikNews
Sabtu 24 Oktober 2015, 08:42 WIB

Patricia, Badai Terbesar yang Pernah Terekam Menyerang Meksiko

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Patricia, Badai Terbesar yang Pernah Terekam Menyerang Meksiko Foto: Twitter NHC E Pacific
Mexico City - Badai Patricia yang merupakan badai terkuat yang pernah tercatat menyerang pantai pasifik Meksiko sekitar pukul 18.15 waktu setempat. Angin berkecepatan 165 mph meluncur ke pantai barat daya Meksiko.

Seperti dikutip dari CNN, Sabtu (24/10/2015) badai 'monster' itu awalnya berkecepatan 190 mph yang secara berkelanjutan meningkat ke 235 mph. Setelah itu Patricia menyerang pantai yang disertai hujan.

Badai itu juga membuat wisatawan serta penduduk di penginapan Puerto Vallarta dan Manzanillo mencari perlindungan. Patricia lalu menuju ke arah 55 mil barat barat laut dari Manzanillo yang merupakan pelabuhan kontainer terbesar di pesisir Pasifik Meksiko.

Komisi Nasional Perairan Meksiko, CONAGUA, menyebut mata dari badai Patricia mencapai 10 kilometer atau 6,21 mil. Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto kemudian meminta warganya untuk tidak keluar rumah dan mengikuti instruksi pertahanan sipil.

"Saya memikirkan kalian semua," kata Presiden Enrique.

Badai kedua terbesar setelah Patricia mungkin Badai Camille yang menyerang pantai teluk Amerika Serikat tahun 1969. Patricia tampaknya jauh lebih besar dibanding Camille serta Andrew (1992), Katrina (2005) dan lain sebagainya.
(bag/spt)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed