Video 20Detik

Biden Nyatakan Siap Perang Dengan China Jika Taiwan Diganggu

Ashri Fathan/Reuters - detikNews
Selasa, 24 Mei 2022 08:38 WIB
Tokyo - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan siap terlibat secara militer jika China sampai mengusik Taiwan. Biden menegaskan bahwa ia berkomitmen untuk membela Taiwan.

Pernyataan tersebut disampaikan Biden dalam kunjungannya ke Jepang untuk menemui Perdana Menteri Fumio Kishida. Kedua negara juga sepakat untuk mempererat hubungan.

"Mereka (China) sudah bermain api dengan terbang begitu dekat, dan dengan manuver-manuver yang dilakukan. Tapi Amerika Serikat berkomitmen. Kami membuat komitmen. Kami mendukung Kebijakan Satu Tiongkok. Kami melaporkan semua yang telah kami lakukan di masa lalu. Tapi itu tidak berarti, itu tidak berarti bahwa China memiliki kemampuan, izin, yurisdiksi untuk menggunakan kekuatan untuk mengambil alih Taiwan," ujar Biden.

Biden pun menyatakan siap terlibat secara militer untuk membela Taiwan. Dari pernyataannya, Biden mengatakan tak ingin konflik seperti di Ukraina terulang.

"Ya (terlibat secara militer untuk membela Taiwan) itu adalah komitmen kita, kita setuju dengan Kebijakan Satu Tiongkok, kami menandatanganinya dan semua perjanjian yang menyertainya, tetapi gagasan bahwa mereka dapat mengambil secara paksa, itu tidak tepat, ini akan membuat seluruh wilayah tercerai-berai dan menjadi sama saja seperti di Ukraina," (afh/afh)