Video 20Detik

Rusia Sebut Ukraina Didukung AS Operasikan Lab Senjata Biologis

dtv - detikNews
Jumat, 11 Mar 2022 04:54 WIB
Moscow -

Kementerian Pertahanan Rusia mengklaim bahwa Ukraina menjalankan laboratorium senjata biologis dengan dukungan dari Amerika Serikat. Pengembangan bioagen itu disebut-sebut akan membidik sejumlah kelompok etnis.

Rusia menuding program berkode P-781 itu menggunakan patogen mematikan. Patogen disinyalir berasal dari organisme kelelawar.

"Proyek P-781 menarik karena kelelawar dianggap sebagai agen potensial senjata biologis, prioritasnya adalah penelitian bakteriologis dan patogen virus yang dapat ditularkan dari kelelawar ke manusia," kata Kepala Pasukan Perlindungan Radiasi Rusia, Igor Kirillov pada hari Kamis (10/3).

Namun, Kirillov tidak merinci kelompok etnis mana yang akan menjadi target bioagen. Ia menyatakan bukti-bukti proyek mematikan itu ditemukan Rusia selama operasi militer khusus di Ukraina, sejak 24 Februari 2022.

"Kita dapat mengatakan dengan probabilitas tinggi bahwa salah satu tujuan Amerika Serikat dan sekutunya adalah menciptakan bioagen yang mampu menginfeksi kelompok etnis yang berbeda secara selektif, ujar Kirillov.

(alj/)