Video 20Detik

Puing-puing Berserakan di Kota Melbourne Usai Dihantam Gempa Langka

- detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 10:02 WIB
Jakarta -

Kota Melbourne diguncang gempa berkekuatan magnitudo 6 pada Rabu (22/9), pukul 09.15 waktu setempat. Menurut Geoscience Australia pusat gempa terdapat di kedalaman 10 kilometer dekat Kota Mansfield.

Otoritas setempat menyebut, gempa dirasakan hingga radius 800-900 km, seperti di kota Adelaide. Meski demikian tidak ada laporan korban jiwa dari penduduk di kota-kota penting 'benua kanguru' itu.

"Kami belum mendapatkan laporan korban luka serius, atau lebih buruk, dan itu adalah berita baik dan kami mengharapkan kabar baik akan berlanjut," ujar Perdana Menteri (PM) Scott Morrison saat menjalani lawatan kenegaraan di Washington DC, Amerika Serikat.

"Ini bisa menjadi peristiwa yang sangat mengganggu, gempa bumi seperti ini. Ini adalah peristiwa sangat langka di Australia, dan sebagai dampaknya, saya yakin orang-orang sangat tertekan dan terganggu," tambahnya.

Sejumlah bangunan tampak mengalami kerusakan akibat guncangan gempa. Puing-puing berserakan sebagaimana yang tergambar dari rekaman video yang dirilis oleh Kantor Berita Associated Press (AP).

Melalui media sosial, sejumlah warga mengabarkan aliran listri terputus usai gempa mengguncang. Mereka umumnya tinggal di wilayah utara Kota Melbourne.

(Isfari Hikmat/ids)