Taliban Bakal Isi Kabinet Pemerintahan dengan Perempuan

dtv - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 20:56 WIB
Kabul -

Taliban memperluas Kabinet sementaranya pada hari Selasa (21/9) dengan menunjuk lebih banyak menteri dan wakil. Namun Taliban gagal untuk menunjuk seorang wanita, meskipun ada protes internasional yang mengikuti presentasi awal mereka tentang jajaran pemerintah yang semuanya laki-laki awal bulan ini.

Komunitas internasional telah mengatakan bahwa mereka akan menilai Taliban berdasarkan tindakan mereka. Dan bahwa pengakuan terhadap pemerintah yang dipimpin Taliban akan dikaitkan dengan perlakuan terhadap perempuan dan minoritas.

Dalam pemerintahan mereka sebelumnya di Afghanistan pada akhir 1990-an menganut interpretasi Islam yang keras. Melarang anak perempuan dan perempuan dari sekolah, pekerjaan, dan kehidupan publik.

Pada konferensi pers, Jubir Pemerintah Taliban Zabihullah Mujahid mengemukakan kemungkinan menambahkan wanita ke kabinet di lain waktu. Tetapi tidak memberitahukan secara spesifik .

Dia juga mengatakan Taliban sedang mempersiapkan aturan untuk mengizinkan gadis dan wanita remaja untuk kembali ke sekolah, pekerjaan sesuai dengan hukum Islam. Tetapi tidak mengatakan kapan itu mungkin terjadi.

(alj/alj)