Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat

ADVERTISEMENT

Foto

Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat

Getty Images - detikNews
Selasa, 06 Des 2022 09:02 WIB

Jakarta - Indonesia mempunyai lebih dari 50 gunung berapi. Berikut sejarah enam gunung berapi paling aktif yang pernah meletus hebat di Indonesia.

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Timur. Gunung yang berada di wilayah Kediri dan Blitar ini sempat meletus 8 tahun lalu, tepatnya pada 13 Februari 2014. Letusan Gunung Kelud saat itu terjadi sekitar pukul 22.50 WIB. Letusan ini cukup dahsyat karena berdampak hingga Yogyakarta.

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Timur. Gunung yang berada di wilayah Kediri dan Blitar ini sempat meletus 8 tahun lalu, tepatnya pada 13 Februari 2014. Letusan Gunung Kelud saat itu terjadi sekitar pukul 22.50 WIB. Letusan ini cukup dahsyat karena berdampak hingga Yogyakarta. (Juni Kriswanto/AFP/Getty Images)

Gunung Merapi dengan tinggi 2.968 meter ini dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia yang terletak di perbatasan empat kabupaten di Jawa Tengah, dengan letusan yang terjadi setiap dua hingga lima tahun sekali. Letusan Gunung Merapi yang cukup dahsyat terjadi pada tahun 1931 yang menewaskan setidaknya 350 korban, termasuk Mbah Marijan sang juru kunci Merapi yang banyak dihormati warga sekitar.

Gunung Merapi dengan tinggi 2.968 meter ini dikenal sebagai salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia yang terletak di perbatasan empat kabupaten di Jawa Tengah, dengan letusan yang terjadi setiap dua hingga lima tahun sekali. Letusan Gunung Merapi yang cukup dahsyat terjadi pada tahun 1931 yang menewaskan setidaknya 350 korban, termasuk Mbah Marijan sang juru kunci Merapi yang banyak dihormati warga sekitar. (Aditya Irawan/Getty Images)

Gunung Krakatau yang juga dikenal sebagai Krakatoa atau Cracatoa adalah sebuah kepulauan vulkanik yang berada di perairan Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatera. Ketinggian Gunung Anak Krakatau sekitar 305 meter di atas permukaan laut (m dpl) dan masih bisa bertambah seiring dengan keluarnya material vulkanik ketika mengalami erupsi. Sejarah letusan besar Gunung Krakatau terekam tahun 1883 yang dentumannya terdengar di Singapura dan Australia.

Gunung Krakatau yang juga dikenal sebagai Krakatoa atau Cracatoa adalah sebuah kepulauan vulkanik yang berada di perairan Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Sumatera. Ketinggian Gunung Anak Krakatau sekitar 305 meter di atas permukaan laut (m dpl) dan masih bisa bertambah seiring dengan keluarnya material vulkanik ketika mengalami erupsi. Sejarah letusan besar Gunung Krakatau terekam tahun 1883 yang dentumannya terdengar di Singapura dan Australia. (Andersen Oystein/Getty Images)

Gunung Semeru yang berada wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini adalah gunung yang berbentuk kerucut dan memiliki tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut, membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Salah satu letusan Gunung Semeru terdahsyat yang terjadi di tahun 1900-an adalah di tahun 1994. Ketinggian asap putih saat itu mencapai 500 meter dengan guguran lava sejauh 1 km.

Gunung Semeru yang berada wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini adalah gunung yang berbentuk kerucut dan memiliki tinggi 3.676 meter di atas permukaan laut, membuat gunung ini menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa. Salah satu letusan Gunung Semeru terdahsyat yang terjadi di tahun 1900-an adalah di tahun 1994. Ketinggian asap putih saat itu mencapai 500 meter dengan guguran lava sejauh 1 km. (Devi Rahman/Getty Images)

Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya, gunung ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 4.300 meter, sehingga membuat gunung Tambora menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia. peristiwa meletusnya Gunung Tambora paling dahsyat terjadi pada 10 April 1815. Letusannya terdengar hingga ratusan kilometer bahkan terdengar sampai di Pulau Bangka dan Bengkulu.

Gunung Tambora terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sebelumnya, gunung ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 4.300 meter, sehingga membuat gunung Tambora menjadi salah satu puncak tertinggi di Indonesia. peristiwa meletusnya Gunung Tambora paling dahsyat terjadi pada 10 April 1815. Letusannya terdengar hingga ratusan kilometer bahkan terdengar sampai di Pulau Bangka dan Bengkulu. (PatrikStedrak/Getty Images)

unung Sinabung berada di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Gunung dengan ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut ini pada tahun 1912 mengalami aktivitas solfatara di puncak dan lereng atas. Sementara pada tahun 2010, terjadi beberapa kali letusan yang di antaranya merupakan letusan freatik.

Gunung Sinabung berada di Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Gunung dengan ketinggian 2.460 meter dari permukaan laut ini pada tahun 1912 mengalami aktivitas solfatara di puncak dan lereng atas. Sementara pada tahun 2010, terjadi beberapa kali letusan yang di antaranya merupakan letusan freatik. (Sugeng Nuryono/AFP/Getty Images)

Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat
Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat
Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat
Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat
Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat
Deretan Gunung Berapi di Indonesia yang Pernah Meletus Hebat


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT