ADVERTISEMENT

Foto

Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa

Pool - detikNews
Selasa, 14 Jun 2022 11:53 WIB

Jakarta - Isu perombakan kabinet atau reshuffle di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) kian menguat. Jokowi sendiri sudah berkali-kali merombak susunan kabinetnya.

Presiden Joko Widodo akhirnya menggelar jumpa pers pengumuman kabinet di halaman Istana Negara Jakarta, Minggu (26/10/2014). Di awal, Jokowi langsung menyebut Kabinetnya bernama kabinet kerja.

Presiden Joko Widodo pertama kali menggelar jumpa pers pengumuman kabinet di halaman Istana Negara Jakarta, Minggu (26/10/2014). Di awal, Jokowi langsung menyebut Kabinetnya bernama kabinet kerja. (Foto: Setpres/Laily).

Presiden Jokowi akhirnya melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja. 5 Menteri baru dan Seskab dilantik di Istana Negara, Rabu Rabu (12/8/2015). Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong yang menjadi Mendag. Mereka semua mengenakan jas hitam dan kopyah warna senada. Agung Pambudhy/detikcom.

Presiden Jokowi pun melakukan reshuffle pertama. Dia melantik menteri-menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja. 5 Menteri baru dan Seskab dilantik di Istana Negara, Rabu Rabu (12/8/2015). Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong yang menjadi Mendag. Mereka semua mengenakan jas hitam dan kopyah warna senada. Agung Pambudhy/detikcom. (Foto: Agung Pambudhy)

Presiden Jokowi mengumumkan reshuffle kabinet jilid dua. Ada sejumlah menteri yang diganti dan ada juga yang geser posisi.

Reshuffle kabinet kembali dilakukan pada 27 Juli 2016. Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional yang beralih mendukung Presiden Jokowi mendapat posisi menteri dalam perombakan kali ini. (Foto: Muhammad Iqbal).

Jokowi Reshuffle Kabinet Jilid III

Awal Januari 2018 Presiden Jokowi kembali melakukan reshuffle kabinet. Kali ini satu lagi kader Partai Golkar diberikan tempat dalam kabinet. (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)

Semringah Khofifah saat jabat tangan Idrus Marham

Dalam tahun yang sama, tepatnya pada 15 Agustus 2018 kembali terjadi reshuffle kabinet. Kader PAN di kabinet, Asman Abnur mundur dari jabatannya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pasalnya PAN memutuskan tidak mendukung Jokowi dalam pemilihan presiden 2019. Wakil Kepala Kepolisian, Komisaris Jenderal Syafruddin ditugaskan mengisi posisi yang ditinggalkan Asman.

Hanya beberapa hari berselang, Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Mensos Idrus Marham sebagai tersangka dalam kasus korupsi PLTU Riau-1. Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk menggantikan koleganya di Partai Golkar itu. (Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.

Jokowi kembali terpilih menjadi Presiden. Ia pun membentuk Kabinet Indonesia Maju. Pengenalan menteri itu berlangsung di beranda Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019). Jokowi-Ma'ruf tiba di tangga-tangga beranda lalu duduk lesehan. (Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi mengenalkan 6 menteri barunya dalam reshuffle kabinet pertama Jokowi-Ma'ruf untuk Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi merombak Kabinet Indonesia Maju. Dia mengenalkan 6 menteri baru di jajaran kabinet Indonesia Maju pada 22 Desember 2020. Ada nama-nama mentereng seperti Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno.

Jokowi tampak duduk di beranda Istana Merdeka bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Setelahnya, Jokowi memanggil satu per satu nama menteri baru yang diumumkannya. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia resmi mengemban jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju.

Tahun lalu, Jokowi melakukan reshuffle 'kecil'. Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia resmi mengemban jabatan baru di Kabinet Indonesia Maju. Mereka berdua dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Mendikbud-Ristek dan Menteri Investasi.

Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2021). Prosesi pelantikan diawali dengan dikumandangkan lagu Indonesia Raya serta pembacaan keputusan presiden. (Foto: Pool/Rusman/Biro Pers Setpres)

Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa
Foto-foto Reshuffle Kabinet Era Jokowi dari Masa ke Masa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT