Foto

Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan

Dok. Detikcom - detikNews
Senin, 21 Mar 2022 13:36 WIB

Afghanistan - Taliban resmi mengganti bendera nasional Afghanistan dengan bendera Emirat Islam. Taliban menghapus penggunaan bendera sebelumnya yang diakui internasional.

Setelah mengambil alih Afganistan, Taliban akan menetapkan tatanan politiknya dalam waktu dekat. Ada janji-janji yang terlontar dari mereka.

Kelompok Taliban yang kini menguasai Afghanistan, secara resmi mengganti bendera nasional negara itu dengan bendera Emirat Islam yang selama ini mereka gunakan. Seperti dilansir media Rusia, Sputnik News, Senin (21/3/2022), aturan soal bendera itu diatur dalam dekrit terbaru yang dirilis otoritas Taliban pada Minggu (20/3) waktu setempat. (AP Photo)

Usai kuasai Afghanistan, Taliban kini hadapi ancaman serangan Islamic State Khorasan (IS-K). serangan demi serangan pun telah dilakukan IS-K di Afghanistan.

Disebutkan dalam dekrit itu bahwa seluruh lembaga pemerintahan Afghanistan baik di dalam negeri maupun di luar negeri sekarang harus mengibarkan bendera Taliban berwarna putih yang bertuliskan 'Tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah utusan-Nya' dalam bahasa Arab. (AP Photo)

Pencari suaka WN Afghanistan menggelar aksi di depan kantor UNHCR, Jakarta Pusat. Mereka menuntut terkait kejelasan nasib mereka di Indonesia.

Bendera resmi Afghanistan sebelum diganti Taliban. Menurut dekrit itu, para pejabat Taliban tidak lagi diizinkan untuk muncul di depan publik menggunakan bendera tiga warna yang sebelumnya menjadi bendera nasional Afghanistan. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Taliban menyatakan kemerdekaan penuh Afghanistan usai pasukan AS pergi dari negara tersebut. Perginya pasukan AS ini akhiri perang selama 20 tahun di negara itu

Sementara itu bendera putih milik Taliban dengan nama baru 'Emirat Islam Afghanistan' mulai dijual dengan luas. (AP Photo)

Sejumlah prajurit Taliban jalani pelatihan selama tiga minggu di Lashkar Gah, Afghanistan. Sejumlah latihan dilakukan para prajurit selama program 3 minggu itu.

Taliban kembali berkuasa di Afghanistan sejak Agustus tahun lalu, dan membentuk pemerintahan interim yang dipimpin oleh Mohammad Hasan Akhund, yang menjabat Menteri Luar Negeri pada periode kekuasaan pertama Taliban berpuluh-puluh tahun lalu. (AP Photo/Abdul khaliq)

American and Taliban flags are seen in flag printing workshop in Kabul's Jawid market, Afghanistan, Sunday, Sept. 12, 2021. The small flag shop, tucked away in the courtyard of a Kabul market, has documented Afghanistan’s turbulent history over the decades with its ever-changing merchandise. Now the shop is filled with white Taliban flags, emblazoned with the Quran's Muslim statement of faith, in black Arabic lettering. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pemerintahan baru Taliban belum diakui secara internasional, meskipun Taliban menyatakan pada Desember tahun lalu bahwa nama Emirat Islam Afghanistan, penyebutan untuk Afghanistan, kembali digunakan. (AP Photo)

Sejumlah massa dari pengungsi Afghanistan menggelar aksi di Kantor UNHCR, Jakarta, Selasa (24/8/2021). Aksi yang sebelumnya berjalan lancar harus dibubarkan oleh petugas karena menimbulkan kerumunan.

Bendera Afghanistan dengan warna hitam, merah dan hijau saat dibawa dalam sebuah unjukrasa di Jakarta. Penghapusan bendera itu dirilis setelah beberapa pekan lalu. Seperti dilansir kantor berita India, ANI, Taliban memerintahkan warga Provinsi Khost di Afghanistan untuk mencopot bendera nasional Afghanistan yang terdiri atas tiga warna hitam-merah-hijau dari atap rumah dan kendaraan mereka. (Rifkianto Nugroho/detikcom)

Afghanistan di bawah bayang-bayang penguasaan Taliban, kejadian tahun 1989 bisa terulang

Bendera Afghanistan dengan warna hitam, merah dan hijau dihapus oleh Taliban. Laporan media lokal Khaama Press menyebut warga Afghanistan meminta Taliban untuk tidak mengubah bendera nasional mereka karena bendera itu bukan milik pemimpin atau faksi, melainkan milik bangsa. (Dok. BBC World)

Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan
Bendera Taliban Ini Resmi Jadi Bendera Afghanistan