Foto

Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021

dok. detikcom - detikNews
Rabu, 22 Des 2021 16:00 WIB

Jakarta - Sepanjang tahun 2021, banyak tokoh di Tanah Air yang berpulang. Mulai dari ulama Syekh Ali Jaber hingga Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Ali Saleh Mohammed Ali Jaber

Ulama sekaligus pendakwah kondang, Syekh Ali Jaber, meninggal dunia dalam usia 46 tahun pada Kamis, (14/1/2021), setelah menjalani perawatan selama 19 hari di rumah sakit karena terjangkit COVID-19. Namun, saat meninggal, Syekh Ali Jaber sudah dinyatakan negatif COVID-19. Penyebab ulama kondang ini tutup usia lantaran mengalami penyakit paru-paru. (Lintang Jati Rahina/detikcom)

Pakar Komunikasi Jalaluddin Rakhmat

Tokoh Cendekiawan Jalaluddin Rakhmat meninggal dunia di usia 71 tahun pada Senin, (15/2/2021). Tokoh komunikasi kelahiran 1949 itu berpulang menyusul sang istri yang lebih dulu meninggal beberapa hari sebelum kepergiannya. Jalaluddin Rakhmat memiliki histori panjang sebagai seorang dosen di Fikom Universitas Padjajaran (Unpad). Tajamnya pemikiran tentang ilmu komunikasi melahirkan karya-karya rujukan akademika. (Rachman Haryanto/detikcom)

Rachmawati Soekarnoputri

Putri Presiden pertama RI Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri, meninggal dunia pada Sabtu (3/7/2021). Rachmawati meninggal dunia akibat terpapar Covid-19 setelah sebelumnya mendapatkan perawatan di rumah sakit. Diketahui, adik dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri ini meninggal dunia pada usia 70 tahun. Dalam kiprahnya di dunia politik, Rachmawati Soekarnoputri aktif menjadi politisi Partai Gerindra. (Rahel Narda Chaterine/detikcom)

Ki Manteb Sudarsono.

Seniman sekaligus Dalang Wayang Kulit kenamaan asal Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Ki Manteb Soedharsono, meninggal dunia, Jumat (2/7/2021). Dalang kelahiran 31 Agustus 1948 ini meninggal dunia karena memiliki komorbid penyakit paru-paru. (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Wali Kota Bandung Oded M Danial

Wali Kota Bandung, Oded M Danial, meninggal dunia pada Jumat (10/12/2021) saat hendak naik mimbar menjadi khatib Salat Jumat di Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung, Jawa Barat. Mang Oded tiba-tiba terjatuh. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, namun takdir berkata lain. Mang Oded dinyatakan meninggal dunia. (Dokumen humas)

Abraham Lunggana (Lulung) di Tanah Abang, Jakarta Pusat,  Senin  (21/3/2016).

Haji Lulung atau Abraham Lunggana yang merupakan ketua DPW PPP DKI Jakarta meninggal pada Selasa (14/12/2021). Haji Lulung sempat mengalami sakit jantung berulang dan sempat dirawat di rumah sakit sebelum akhirnya menghembuskan napas terakhir. (Ari Saputra/detikcom)

Artidjo Alkostar

Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar meninggal dunia pada Minggu (28/2/2021). Artidjo Alkostar meninggal dunia karena komplikasi penyakit yang dideritanya. Artidjo merupakan salah satu sosok hakim yang paling ditakuti oleh koruptor saat dirinya masih bertugas di MA. (Ari Saputra/detikcom)

Wimar Witular lahir di Surabaya, Jawa Timur, 14 Juli 1945 adalah putra termuda dari lima bersaudara pasangan Raden Achmad Witoelar Kartaadipoetra dan Nyi Raden Toti Soetiamah Tanoekoesoemah. File/detikFoto.

Wimar Witoelar meninggal dunia di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Rabu (19/5/2021). Wimar tutup usia setelah menjalani perawatan akibat sakit yang diderita. Mantan juru bicara Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sempat dirawat di ICU karena terkena sepsis dan multi organ-failure. (Rengga Sancaya/detikcom)

Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021
Sederet Tokoh yang Wafat Sepanjang Tahun 2021