Foto

Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun

AntaraFoto - detikNews
Senin, 13 Des 2021 18:03 WIB

Jakarta - Deretan bencana terjang Indonesia di penghujung tahun. Banjir hingga erupsi gunung api luluh lantakkan sejumlah daerah di tanah air. Berikut foto-fotonya.

Awan panas yang keluar dari kawah gunung Semeru terlihat dari desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (10/12/2021). Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat dalam laporan per enam jam, gunung Semeru masih berada di status Waspada (level 2) dengan aktivitas awan panas serta kegempaan sebanyak tiga kali dengan amplitudo 2-6 mm dan satu kali gempa vulkanik dalam.   ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.

Awan panas yang keluar dari kawah gunung Semeru terlihat dari desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (10/12/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto).

Kondisi pemukiman warga yang tertimbun pasir dan batu di Dusun Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Puluhan rumah di dusun tersebut terendam luapan air sungai bercampur material lahar dingin erupsi Gunung Semeru akibat diguyur hujan deras pada Selasa (7/12) dan Rabu (8/12) malam . ANTARA FOTO/Zabur Karuru/hp.

Kondisi pemukiman warga yang tertimbun pasir dan batu di Dusun Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (9/12/2021). Puluhan rumah di dusun tersebut terendam luapan air sungai bercampur material lahar dingin erupsi Gunung Semeru akibat diguyur hujan deras pada Selasa (7/12) dan Rabu (8/12) malam. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Bocornya tanggul laut di area Muara Baru memicu terjadinya banjir rob di kawasan itu. Meski begitu, banjir tak surutkan keceriaan anak-anak di kawasan tersebut.

Bocornya tanggul laut di area Muara Baru memicu terjadinya banjir rob di kawasan itu. Meski begitu, banjir tak surutkan keceriaan anak-anak di kawasan tersebut, Selasa, (7/12). Banjir rob masih terjadi di Aceh hingga Jakarta dan pesisir pulau Jawa. Banjir rob menghambat aktivitas warga dan mengganggu roda ekonomi. (Pradita Utama/detikcom)

Foto udara banjir rob yang menggenangi rumah dan tambak warga di Desa Pantai Mekar, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/12/2021). Banjir rob telah menggenangi wilayah tersebut selama empat hari akibat kenaikan permukaan air laut. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.

Foto udara banjir rob yang menggenangi rumah dan tambak warga di Desa Pantai Mekar, Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/12/2021). Banjir rob telah menggenangi wilayah tersebut selama empat hari akibat kenaikan permukaan air laut. (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Perajin membawa kain batik menggunakan perahu rakitan saat terjadi banjir rob di Pasirsari, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (6/11/2021). Menurut perajin setempat, banjir rob yang menggenangi wilayah itu sejak tiga pekan yang lalu membuat produksi batik terhambat dan mengalami penurunan penghasilan sekitar 30-40 persen. ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/wsj.

Perajin menjemur kain batik saat terjadi banjir rob di Pasirsari, Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (6/11/2021). Menurut perajin setempat, banjir rob yang menggenangi wilayah itu sejak tiga pekan yang lalu membuat produksi batik terhambat dan mengalami penurunan penghasilan sekitar 30-40 persen. (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

Warga duduk di atas mobil yang tergenang banjir di kawasan Legian, Kuta, Badung, Bali, Senin (6/12/2021). Hujan deras yang mengguyur wilayah Bali sejak Minggu (5/12) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di kawasan Kuta dengan ketinggian air yang bervariasi. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/aww.

Warga duduk di atas mobil yang tergenang banjir di kawasan Legian, Kuta, Badung, Bali, Senin (6/12/2021). Hujan deras yang mengguyur wilayah Bali sejak Minggu (5/12) mengakibatkan banjir di sejumlah titik di kawasan Kuta dengan ketinggian air yang bervariasi. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Hujan lebat di sebagian wilayah pulau Lombok sejak Minggu (5/12) hingga Senin (6/12) menyebabkan banjir di Lombok Barat. Ratusan rumah terendam. 3 Kecamatan di Lombok Barat, NTB yang kebanjiran ialah Kecataman Sekotong, Batu Layar, dan Gunung Sari, Senin, (6/12). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Hujan lebat di sebagian wilayah pulau Lombok sejak Minggu (5/12) hingga Senin (6/12) menyebabkan banjir di Lombok Barat. Ratusan rumah terendam. 3 Kecamatan di Lombok Barat, NTB yang kebanjiran ialah Kecataman Sekotong, Batu Layar, dan Gunung Sari, Senin, (6/12). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Warga menerobos banjir di Kelurahan Batua, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/12/2021). Ratusan rumah di daerah itu terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi dan sebagian warga sudah mulai mengungsi. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/foc.

Warga menerobos banjir di Kelurahan Batua, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (7/12/2021). Ratusan rumah di daerah itu terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi dan sebagian warga sudah mulai mengungsi. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Seorang penduduk berdiri di atas jembatan yang ambruk diterjang banjir di Desa Lembah Sari, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (9/12/2021). Empat hari pascabanjir bandang yang melanda daerah tersebut warga mulai kembali kerumahnya untuk membersihkan dan mengamankan barang-barangnya yang masih tersisa.ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp.

Seorang penduduk berdiri di atas jembatan yang ambruk diterjang banjir di Desa Lembah Sari, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Kamis (9/12/2021). Pascabanjir bandang yang melanda daerah tersebut warga mulai kembali kerumahnya untuk membersihkan dan mengamankan barang-barangnya yang masih tersisa. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sebuah gitar tergantung di dinding rumah yang temboknya roboh akibat diterjang banjir di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Selasa (7/12/2021). Menurut data BPBD NTB sebanyak empat korban meninggal dunia akibat banjir bandang disertai tanah longsor di Dusun Batulayar Utara dan satu korban masih hilang serta satu orang mengalami patah kaki akibat terhempas material banjir bandang. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

Sebuah gitar tergantung di dinding rumah yang temboknya roboh akibat diterjang banjir di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar Barat, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB, Selasa (7/12/2021). Menurut data BPBD NTB sebanyak empat korban meninggal dunia akibat banjir bandang disertai tanah longsor di Dusun Batulayar Utara dan satu korban masih hilang serta satu orang mengalami patah kaki akibat terhempas material banjir bandang. ANTARA (FOTO/Ahmad Subaidi)

Sejumlah warga membersihkan rumah mereka yang tertimbun tanah akibat longsor di Dusun Kekait Daye, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Rabu (8/12/2021). Longsor disertai banjir bandang yang terjadi di daerah tersebut pada Senin (6/12/2021) mengakibatkan sebanyak 37 rumah warga rusak berat dan 300 jiwa mengungsi. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

Sejumlah warga membersihkan rumah mereka yang tertimbun tanah akibat longsor di Dusun Kekait Daye, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Rabu (8/12/2021). Longsor disertai banjir bandang yang terjadi di daerah tersebut pada Senin (6/12/2021) mengakibatkan sebanyak 37 rumah warga rusak berat dan 300 jiwa mengungsi. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun
Deretan Bencana yang Terjang Indonesia di Penghujung Tahun