Foto

Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau

Dok BPN Prabowo-Sandiaga - detikNews
Jumat, 02 Nov 2018 15:42 WIB

Jombang - Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pekan lalu berseragam bersarung hijau, warna khas NU. Keduanya kompak bersarung hijau saat sowan ke Ponpes Tebuireng, Jombang.

Foto: Prabowo-Sandiaga napak tilas resolusi jihad ke makam pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari yang berada di Kompleks Tebuireng, pada Senin (22/10/2018) lalu. Ia datang disambut oleh pengasuh pesantren sekaligus cucu KH Hasyim Asy'ari, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Prabowo awalnya memakai bajunya yang biasa yakni seragam safari cokelat. Namun akhirnya ia memakai pakaian yang sama dengan Sandiaga, yakni baju koko putih dan sarung hijau lengkap dengan peci hitam. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Prabowo-Sandi yang didampingi eks Ketua DPR Marzuki Alie kemudian berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari. Tak hanya itu, Prabowo-Sandi juga berziarah ke makam KH Wahid Hasyim yang berada di kompleks Tebuireng. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Dalam kesempatan itu, Prabowo-Sandi pun juga menyempatkan berziarah ke makam Presiden RI ke-4, KH Abdurahman Wahid (Gus Dur) yang berada di lokasi sama. Usai berziarah, Prabowo dan Sandi yang didampingi oleh Gus Solah serta para rombongan juga menaburkan bunga di atas makam para tokoh dan pendiri NU tersebut. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Prabowo sempat menjelaskan maksud kunjungannya ke Ponpes Tebuireng. Selain untuk silaturahmi dengan tokoh NU dan ziarah, kedatangannya untuk melakukan  napak tilas mengenang resolusi jihad sebagai langkah mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang dilakukan oleh KH Hasyim Asy'ari dan tokoh ulama Islam lainnya dengan melawan para penjajah. Kedatangan Prabowo-Sandi saat itu juga bertepan dengan Hari Santri Nasional. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Prabowo menjelaskan, dengan keluarnya sebuah resolusi jihad yang dilontarkan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 oktober 1945 lalu merupakan dorongan yang kuat untuk memenangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Itu menurutnya adalah ujian terberat bangsa Indonesia pasca kemerdekaan. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Prabowo-Sandiaga diterima dengan baik oleh Gus Solah dan keluarga besar Ponpes Tebuireng. Bahkan keduanya diajak untuk makan bersama. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Foto: Sandiaga pun mengucapkan rasa terimakasihnya karena telah disambut dengan baik oleh pimpinan dan pengasuh Ponpes Tebuireng. Dalam kesempatan itu Sandiaga juga sempat berdiskusi. "Diskusi yang kita lakukan juga juga terkait dengan pengembangan kewirausahaan bagi para santri yang nantinya kita harapkan para santri bisa membuka lapangan pekerjaan," ucap Sandi. (Dok BPN Prabowo-Sandiaga).
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau
Kala Prabowo-Sandi Bersarung Hijau