Foto

Melihat 'Kampung Indonesia' di Oxford dan Gamelan Peter Smith

KBRI London - detikNews
Senin, 02 Jul 2018 23:58 WIB

Jakarta - Ini adalah 'Kampung Indonesia' di Oxford, disebut-sebut sebagai kota pendidikan tertua di Eropa. Nuansa Indonesia hadir di sini.

Kampung Indonesia adalah nama stand pameran yang dikelola Persatuan Pelajar Indoneesia (PPI) Oxford. Stand ini sudah didirikan sejak pukul 10.00 BST (British Summer Time), Minggu (1/7/2018) waktu setempat. Topeng, wayang, dan alat musik Indonesia lainnya disiapkan. Ada bule jago silat juga. (Foto: KBRI London)
Sebagaimana yang disampaikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London lewat keterangan pers yang diterima detikcom, Kampung Indonesia ini adalah salah satu stan di Cowley Road Carnival 2018 yang dikunjungi 50 ribu orang dari berbagai daerah sekitar Kota Oxford. Karnaval tahunan kali ini dibuka oleh Wakil Wali Kota Oxford, Sajjad Malik.  (Foto: KBRI London)
Menjelang pukul 14.00 BST, disaat terik matahari begitu panas terasa, alunan gamelan pimpinan Peter Smith alias Mas Parto kembali menyejukan suasana. Oliver, salah seorang pengunjung yang datang dari Kota Reading, sekitar 50 km dari Kota Oxford menyatakan sangat terkesan dengan ritme gamelan yang baru pertama kali didengarnya.  (Foto: KBRI London)
Selain menikmati sajian beberapa tarian daerah Indonesia, pengunjung juga dapat mengikuti pelatihan singkat gamelan, Bahasa Indonesia dan berfoto “selfie” dengan pakaian daerah Indonesia yang memiliki corak sangat menarik. (KBRI London)
Jonathan Philip, Ketua PPI Oxford mengungkapkan bahwa partisipasi Indonesia pada kegiatan tahunan Cowley Road Carnival yang sudah berlangsung sejak tahun 2013 tentunya tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan oleh KBRI London dan masyarakat Indonesia yang tinggal di sekitar Kota Oxford. Wakil Duta Besar RI London, Adam M Tugio beserta istrinya, Irina Tugio, yang secara khusus datang dari London menyatakan rasa bahagia melihat betapa banyaknya pengunjung yang mendatangi stand-stand kuliner dan budaya Indonesia. Tidak kurang dari 2.000 orang mengunjungi 'Kampung Indonesia'. Adam Tugio mengharapkan agar Indonesia dapat lebih meningkatkan partisipasinya pada Cowley Road Carnival pada tahun-tahun mendatang. (KBRI London)
Melihat Kampung Indonesia di Oxford dan Gamelan Peter Smith
Melihat Kampung Indonesia di Oxford dan Gamelan Peter Smith
Melihat Kampung Indonesia di Oxford dan Gamelan Peter Smith
Melihat Kampung Indonesia di Oxford dan Gamelan Peter Smith
Melihat Kampung Indonesia di Oxford dan Gamelan Peter Smith