Robot Semakin Berperan dalam Hidup Sehari-Hari

ADVERTISEMENT

Robot Semakin Berperan dalam Hidup Sehari-Hari

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Sabtu, 21 Jan 2023 18:56 WIB
Jakarta -

Robot mendapat semakin banyak fungsi. Tapi apakah mesin ini akan sekapabel manusia? Dan siap beradaptasi dengan kebutuhan manusia?

Ahli robot Marvin Becker mengatakan, ada bidang di mana robot lebih baik daripada manusia. Mereka jelas tidak mudah merasa lelah, dan bisa bekerja 24 jam dan 7 hari, demikian dipaparkan Becker. Itu keunggulannya robot. Selain itu, juga ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan robot lebih baik daripada manusia, misalnya, di bagian industri yang mengambil dan menempatkan sesuatu. "Robot jauh lebih cepat dan akurat."

Di industri pertanian, robot kini memainkan peranan penting. Mulai dari memanen produk agrikultur sampai menyiapkan makanan lengkap dan membawa itu semua ke meja kita. Robot mobil otonom juga bisa bergerak ke berbagai penjuru perkebunan almon. Robot menggunakan kamera untuk mengidentifikasi dan menarget almon yang terserang hama. Kemudian hama ditembak dengan senapan beramunisi pelet.

Robot permudah pekerjaan tradisional

Robot berbentuk kendaraan diciptakan untuk memperbaiki proses pemanenan almon tradisional. Yaitu dengan cara menggoyang pohon dengan galah panjang, atau menggoyang pohon hingga almon berjatuhan.

Marvin Becker mengungkap lebih lanjut, robotika pertanian adalah bidang yang masih butuh perbaikan besar, dan robot bisa jadi pembantu manusia yang sangat berguna. Terutama dalam pekerjaan di ladang pertanian yang sangat melelahkan. Robot bisa melakukan pekerjaan ini dengan lebih mudah dibanding manusia.

Ada robot yang kelihatannya seperti beberapa buah pisang. Robot ini dibuat untuk memegang sebuah benda. Robot bisa beradaptasi ke bentuk dan ukurannya, dan menggunakan sensor dan tekanan udara.

Robot ini bisa dikenakan sebagai sarung tangan untuk menyokong gerakan jari, dan meminimalisir jumlah aktivitas otot yang diperlukan. Ini bisa menguntungkan orang yang pernah menderita luka, orang yang gerakannya terhalang karena cacat, atau masalah lain yang menyangkut jari.

"Ada aplikasi yang benar-benar menolong, tapi hanya digunakan untuk robot. Jadi bukan sebagai variabel, melainkan untuk gerakan menggenggam bagi jenis robot tertentu. Aplikasi ini masih terbatas kemampuannya, karena agak susah menentukan, bagaimana penggenggam ini meraih sebuah obyek. Saya rasa ini langkah pertama yang sangat baik, dan jadi aplikasi kreatif dan kombinasi berbagai bidang", ujar Marvin Becker.

Menyantap hidangan masakan robot

Apakan Anda juga sudah pernah membayangkan menyantap hidangan di rumah, yang sepenuhnya dimasak oleh robot? Ini sekarang jadi sesuatu yang mungkin terwujud. Juga sebuah dapur yang penuh dengan kemampuan robotik di rumah kita sendiri. Robot bisa mulai memasak dari nol, menggunakan lebih dari 5.000 resep.

Dapur robotik sudah ada di pasar, dan robot bahkan mampu mencuci piring. Ahli robot Marvin Becker mengatakan, tentu ada orang yang beranggapan tidak perlu robot untuk hal seperti itu, walaupun menyenangkan. Becker mengungkap, "Saya pikir ini juga terlalu mahal untuk bisa digunakan dalam dapur biasa, dan dalam jangka waktu dekat." Namun demikian, sudah jelas, era robotisasi sudah semakin dekat. (ml/Inovator)

(ita/ita)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT