Karyawan Pria Kereta Api Jerman Kini Boleh Kenakan Rok

ADVERTISEMENT

Karyawan Pria Kereta Api Jerman Kini Boleh Kenakan Rok

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Jumat, 04 Nov 2022 10:25 WIB
Jakarta -

Dasi berpadu dengan jas atau syal yang cocok dengan blazer dan rok? Mulai awal November 2022, karyawan perusahaan kereta api Jerman, Deutsche Bahn (DB) bebas memilih seragam kerja yang mereka inginkan, terlepas dari apa jenis kelamin mereka. Kebebasan untuk memilih seragam kerja ini khususnya ditujukan bagi karyawan DB yang berhadapan langsung dengan pelanggan, seperti kondektur dan karyawan di loket tiket.

"Petugas kereta, 'costumer service', masinis atau staf layanan dapat memesan seragam pria maupun perempuan dan memakainya saat bertugas," tulis Direktur Kereta Api Richard Lutz di platform karir LinkedIn. Para karyawan dapat mengenakan "pakaian yang paling nyaman bagi mereka".

Juru bicara DB mengumumkan bahwa "peraturan tradisional" yang berlaku sebelumnya harus disesuaikan, karena semakin banyak karyawan yang menginginkan hal tersebut. Ada sekitar 45.000 karyawan DB yang berurusan dengan pelanggan dan diharuskan memakai pakaian seragam. Pada pertengahan 2020 lalu mereka punya seragam baru yang berwarna merah burgundy dan biru navy. Seragam itu merupakan rancangan desainer serta presenter kondang asal Jerman, Guido Maria Kretschmer. ts/yf (dpa)

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT