ADVERTISEMENT

AS Kabari Rusia Soal Uji Coba Rudal ICBM Kedua

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Rabu, 07 Sep 2022 13:06 WIB
Jakarta -

Militer Amerika Serikat akan menguji rudal balistik antarbenua (ICBM) pada hari Rabu (07/09), demikian pengumuman Departemen Pertahanan AS.

Pentagon menyebut uji coba ini akan menjadi latihan pertahanan nuklir AS yang kedua dalam waktu kurang dari sebulan. "Akan ada peluncuran uji operasional dari komando Serangan Global Angkatan Udara yang tidak bersenjata rudal balistik antarbenua Minuteman III besok pagi, 7 September, dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California," kata juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder, Selasa (06/09).

Ryder mengatakan bahwa tes "rutin" ini telah dijadwalkan lama. AS juga telah memberi tahu Rusia dan negara-negara lain tentang rencana tersebut, tambahnya.

Tujuan dari uji coba ICBM "adalah untuk menunjukkan kesiapan pasukan nuklir AS dan memberikan kepercayaan pada keamanan dan efektivitas pencegah nuklir negara itu," kata Ryder kepada wartawan.

Dua uji coba dalam satu bulan

Angkatan Udara AS berhasil meluncurkan ICBM Minutemen III pada 16 Agustus lalu, setelah menunda uji coba dua kali untuk menghindari memicu ketegangan di Ukraina dan Taiwan.

Rudal itu membawa kendaraan uji coba masuk kembali, yang dalam konflik strategis dapat dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir. Kendaraan re-entry menempuh perjalanan sekitar 6.760 kilometer ke Atol Kwajalein di Kepulauan Marshall di Pasifik barat.

ha/pkp (AFP, Reuters)

Lihat juga video 'Rudal Rusia Hantam Stasiun Kereta Api, 25 Orang Tewas':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT