ADVERTISEMENT

Pertama di Dunia, Kereta Bertenaga Hidrogen Mulai Beroperasi di Jerman

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Jumat, 26 Agu 2022 10:41 WIB
Jakarta -

Jerman meluncurkan armada yang diklaim sebagai kereta penumpang bertenaga hidrogen pertama di dunia pada hari Rabu (14/08), menggantikan 15 kereta diesel yang sebelumnya beroperasi di jalur tanpa listrik di negara bagian Niedersachsen.

Ke-14 kereta tersebut menggunakan sel bahan bakar hidrogen untuk menghasilkan listrik yang mampu menggerakkan mesin. Pemerintah Jerman mendukung meluasnya penggunaan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif yang bersih.

Perdana Menteri Negara Bagian Niedersachsen Stephan Weil mengatakan proyek bernilai 93 juta euro sekitar Rp1.5 triliun adalah "contoh yang sangat baik" untuk upaya Niedersachsen untuk membuat ekonominya lebih hijau.

Kereta yang diproduksi oleh perusahaan Prancis Alstom tersebut dioperasikan oleh perusahaan kereta api regional LNVG yang melintasi rute antara kota utara Cuxhaven, Bremerhaven, Bremervoerde dan Buxtehude.

Alstom mengatakan kereta Coradia iLint tersebut bisa menjangkau hingga 1.000 kilometer dan memiliki kecepatan maksimum 140 kph. Hidrogen yang diproduksi dengan energi terbarukan tersebut akan menghemat sekitar 1,6 juta liter bahan bakar diesel per tahun.

Hidrogen saat ini diproduksi sebagai produk sampingan dalam proses kimia, tetapi perusahaan gas khusus Jerman Linde berencana untuk memproduksinya secara lokal dengan hanya menggunakan energi terbarukan dalam waktu tiga tahun. (AP) ts/ha

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT