ADVERTISEMENT

Usia 17 Tahun, Mack Rutherford Orang Termuda yang Terbang Keliling Dunia

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kamis, 25 Agu 2022 18:37 WIB
Jakarta -

Mack Rutherford, seorang remaja berkebangsaan ganda Inggris-Belgia, mendarat di Bulgaria pada hari Rabu (24/08), mencatatkan dirinya dalam Guinness World Records sebagai orang termuda yang terbang keliling dunia sendirian, memecahkan rekor yang dipegang oleh Travis Ludlow asal Inggris yang dua tahun lalu terbang keliling dunia pada usia 18 tahun, sesama warga Inggris.

"Saya sangat senang dapat menyelesaikan perjalanan lima bulan mengelilingi dunia," kata Rutherford dalam sebuah video yang diposting di Facebook. "Dengan perjalanan ini, saya mencoba menunjukkan bahwa anak muda bisa membuat perbedaan," tambahnya.

Rute penerbangan Rutherford

Rutherford meninggalkan bandara Radomir dekat Sofia, ibu kota Bulgaria, pada 23 Maret dengan pesawat ultraringan bernama Shark. Pesawat ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan untuk perjalanan jauh.

Kembali pada hari Rabu di bandara keberangkatannya berarti dia melintasi dunia menempuh jarak sekitar 54.000 kilometer. Rutherford melintasi khatulistiwa dua kali sesuai dengan persyaratan Guinness Book or World Records, mengunjungi sekitar 52 negara di lima benua.

"Seharusnya hanya perlu waktu antara dua hingga tiga bulan, tapi jadinya lima bulan," kata Rutherford kepada kantor berita AP. Dia mengatakan terjadi penundaan di beberapa tempat, seperti di Kreta dan Dubai "karena masalah dokumen, visa, izin, hal-hal seperti itu."

Rutherford mengunjungi Afrika dan wilayah Teluk, di mana ia menghadapi cuaca panas ekstrem, sebelum melanjutkan penerbangan ke India, Cina, Korea Selatan dan Jepang, kemudian Alaska, Pantai Barat AS dan Meksiko, Pantai Timur Amerika dan Kanada. Dari sana dia terbang melintasi Samudra Atlantik melalui Islandia, Inggris, dan Belgia.

Selama penerbangannya, Rutherford ditemani oleh boneka beruang teddy kecil. Dia merayakan ulang tahunnya yang ke-17 dalam penerbangan.

Pada hari Selasa (23/08), sebelum menyelesaikan bagian terakhir dari perjalanannya, ia mendarat di lapangan terbang Belgia, dekat kota Charleroi, di mana ia melakukan pendidikan pilot pertamanya.

Terlahir dari keluarga pilot

Rutherford, yang berasal dari keluarga penerbang, pertama kali menerbangkan pesawat ketika dia berusia tujuh tahun. Kakaknya, Zara, menjadi perempuan termuda yang terbang keliling dunia, memecahkan rekor dunia pada 20 Januari lalu.

Sam Rutherford, ayah Mack dan Zara, berkata, "Mereka telah berkeliling dunia dengan aman, efektif, profesional. Dan mereka telah menunjukkan kepada anak-anak lain bahwa mereka tidak harus berusia 18 tahun, dan tentu saja tidak 30 tahun, untuk membuat perbedaan dan melakukan sesuatu dan mengejar impian." yf/ts (AFP/AP)

(ita/ita)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT