China Setujui Kunjungan Kepala HAM PBB ke Xinjiang Usai Olimpiade

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 23:22 WIB
Ilustrasi bendera China/ebcitizen.com
Bendera China (Foto: Internet/ebcitizen.com)
Jakarta -

China telah menyetujui kunjungan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia ke Xinjiang pada paruh pertama tahun 2022 setelah Olimpiade Musim Dingin Beijing, menurut laporan South China Morning Post yang mengutip sumber tanpa nama.

Laporan South China Morning Post pada hari Kamis (27/01), mengutip sumber yang mengatakan bahwa persetujuan untuk kunjungan setelah berakhirnya Olimpiade Musim Dingin Beijing, yang berlangsung 4-20 Februari 2022, diberikan dengan syarat perjalanan itu harus "ramah" dan tidak dibingkai sebagai sebuah investigasi.

"Tidak seorang pun, terutama diplomat hak asasi manusia terkemuka di dunia, harus tertipu oleh upaya pemerintah China untuk mengalihkan perhatian dari kejahatan terhadap kemanusiaan yang menargetkan Uighur dan komunitas Turki lainnya," kata Sophie Richardson, Direktur China di Human Rights Watch kepada Reuters melalui email, Jumat (28/01).

Sebelumnya, sejumlah kelompok hak asasi manusia menuduh China melakukan pelanggaran besar-besaran terhadap Uighur dan kelompok minoritas lainnya di wilayah barat Xinjiang, termasuk penahanan massal, penyiksaan, dan kerja paksa.

Amerika Serikat juga menuduh China melakukan genosida.

Namun, Beijing membantah tuduhan pelecehan terhadap Uighur dan Muslim Turki lainnya, dan menjelaskan kebijakan yang dilakukan untuk memerangi ekstremisme beragama.

bh/ha (Reuters)

(haf/haf)