Survei: Banyak Orang Jerman Tidak Puas dengan Kinerja Pemerintah

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Sabtu, 03 Apr 2021 17:17 WIB
Jakarta - Berdasarkan survei bulanan terbaru dari Deutschlandtrend, hanya 35% orang Jerman yang masih mengaku puas terhadap kinerja pemerintah federal, sedangkan 64% menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap kebijakan Berlin. Hasil survei mengalami perubahan besar jika dibandingkan pada November tahun lalu, ketika sekitar 70% menyatakan setuju.

Survei tersebut juga menunjukkan 58% orang Jerman puas atau sangat puas dengan kepemimpinan Kanselir Angela Merkel dan menjadikannya tokoh politik paling populer.

Perdana Menteri negara bagian Bavaria dan pemimpin partai Uni Kristen Sosial (CSU) Markus Sder adalah tokoh politik terpopuler kedua dengan perolehan 54%. Sementara Menteri Luar Negeri Heiko Maas yang dari Partai Sosialdemokrat atau SPD berada di peringkat ketiga dengan kepuasan 43%.

Penilaian warga Jerman terhadap kinerja pemerintah atasi pandemi

Survei tersebut menunjukkan hanya 19% orang Jerman yang puas dengan respons pemerintah federal dan negara bagian terhadap penanganan pandemi virus corona pada April 2021. Sedangkan 79% menentang tindakan pemerintah.

Banyaknya warga yang merasa tidak puas disebabkan karena angka infeksi virus corona terus meningkat di seluruh negeri. Merkel pun telah meminta warga untuk menaati aturan jaga jarak sosial selama liburan Paskah pekan ini.

Respons orang Jerman jika pemilu diadakan pekan ini

Ketika pandemi memburuk, Partai CDU yang berkuasa mengalami penurunan dukungan hampir 10 poin sejak pertengahan Desember 2020.

Jika pemilihan federal diadakan hari Minggu (04/04), hanya 27% orang Jerman yang mengatakan akan memilih CDU, 22% responden akan memilih Partai Hijau, dan 16% mengatakan mereka akan memilih Partai Sosial Demokrat (SPD).

Survei tersebut juga mengukur bagaimana orang Jerman memproyeksi pengganti Merkel. Pemimpin CDU Armin Laschet dan Sder dianggap sebagai calon kanselir terbaik untuk CDU / CSU dalam pemilihan federal bulan September mendatang.

Hanya 19% orang Jerman yang meyakini Laschet akan menjadi calon kanselir CDU / CSU yang baik pada survei April, sedangkan 54% mengatakan Sder akan menjadi kandidat yang baik. Sder secara konsisten mengungguli Laschet dalam jajak pendapat tentang siapa yang akan menjadi calon kanselir yang lebih baik.

Survei terhadap 1.348 orang dilakukan dari 29-30 Maret 2021, dengan pertanyaan disebarkan secara online maupun melalui telepon.

(ha/rzn)

Simak juga 'Jerman Lanjut Gunakan Vaksin AstraZeneca, Dinilai Aman oleh EMA':

[Gambas:Video 20detik]



(ita/ita)