Jerman Perpanjang Lockdown Hingga 28 Maret Tapi Longgarkan Pembatasan

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Kamis, 04 Mar 2021 13:02 WIB
Jakarta -

Kanselir Jerman Angela Merkel membuat pengumuman perpanjangan lockdown usai rapat dengan 16 perdana menteri negara bagian, yang berlangsung selama lebih dari sembilan jam. Lockdown diperpanjang hingga setidaknya 28 Maret.

Apa yang diumumkan Merkel?

  • Jerman akan memberlakukan ''rencana lima langkah'' untuk melonggarkan pembatasan di tingkat regional atau negara bagian.
  • Masing-masing langkah itu akan diambil setiap 14 hari jika jumlah infeksi tingkat regional stabil atau menurun.
  • Sistem rem darurat yakni kembali menerapkan lockdown akan diberlakukan di tingkat regional, bila tingkat infeksi selama tiga hari berturut-turut di atas 100 kasus.
  • Setidaknya satu tes cepat COVID-19 secara gratis akan tersedia per minggu untuk semua penduduk Jerman mulai 8 Maret.
  • Sebuah komite ahli independen akan merekomendasikan untuk mencabut pembatasan vaksin AsrtaZeneca, yang awalnya terbatas untuk orang di bawah 65 tahun.

Apa itu ''rencana lima langkah'' Jerman?

Langkah pertama: Sekolah, tempat penitipan anak, dan salon boleh dibuka kembali. Langkah ini sudah dilakukan sejak Senin, 1 Maret.

Langkah kedua, mulai 8 Maret: Toko buku dan toko bunga boleh buka kembali dengan ketentuan jarak satu pelanggan per 10 meter persegi. Pekerjaan yang mengharuskan kontak, seperti praktik pijat, juga diizinkan dibuka kembali dengan membawa hasil tes negatif COVID-19.

Langkah ketiga, paling cepat mulai 8 Maret:

  • Jika infeksi COVID-19 kurang dari 50 kasus per 100.000 penduduk, ruang publik seperti museum, kebun binatang, dan taman dapat dibuka kembali. Bisnis ritel juga boleh beroperasi kembali dengan syarat satu pelanggan berjarak per minimal 10 meter persegi.
  • Maksimal 10 orang diperbolehkan berlatih olahraga di luar ruangan yang tak harus menyentuh alat.
  • Jika tingkat infeksi COVID-19 berada di antara 50 hingga 100 kasus, akses ke tempat-tempat seperti museum dan bisnis ritel akan diberlakukan pemesanan di muka, dengan setidaknya kehadiran pelanggan berjarak tiap 40 meter persegi di toko-toko.
  • Maksimal lima orang, dari dua rumah tangga, dapat berlatih olahraga di luar ruangan tanpa menyentuh alat.

Langkah keempat, paling cepat mulai 22 Maret:

  • Jika tingkat infeksi COVID-19 tetap di bawah 50 kasus, maka makan di restoran luar ruangan, teater, tempat konser, bioskop, dan gedung opera dapat diizinkan atau dibuka kembali.
  • Orang dapat berlatih olahraga tanpa menyentuh alat di dalam ruangan dan olahraga berbasis kontak di luar ruangan.
  • Jika tingkat infeksi COVID-19 di antara 50 hingga 100 kasus, maka makan di restoran luar ruangan akan diizinkan namun berdasarkan pemesanan terlebih dulu.

Langkah lima, paling cepat 5 April:

  • Jika tingkat infeksi COVID-19 tetap di bawah 50 kasus, maka maksimal 50 orang dapat diizinkan berkumpul untuk acara rekreasi di luar ruangan, dan pembatasan olahraga akan dicabut.
  • Jika tingkat infeksi COVID-19 di antara 50 hingga 100 kasus, maka toko dapat dibuka kembali dengan setidaknya jarak 10 meter persegi per pelanggan.
  • Olahraga tanpa kontak di luar ruangan dan latihan yang berbasis kontak dalam ruangan diperbolehkan.

Mempercepat vaksinasi dan tes COVID-19

Usai pertemuan pada hari Rabu (03/03), salah seorang pejabat tinggi Jerman mengatakan bahwa saat ini Jerman telah mengadakan sekitar 200.000 vaksinasi setiap harinya.

Vaksinasi dokter umum dan dokter spesialis akan dimulai pada akhir Maret atau awal April saat Jerman menerima lebih banyak dosis.

Merkel mengatakan bahwa Komite Tetap Jerman untuk Vaksinasi kemungkinan akan membatalkan keputusan sebelumnya yang melarang penggunaan vaksin AstraZeneca untuk orang di atas 65 tahun.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan Jerman akan mempercepat vaksinasi dalam beberapa hari ke depan setelah mendapat keputusan komite terkait vaksin AstraZeneca.

Merkel juga mengatakan tes cepat COVID-19 menunjukkan "dengan akurasi yang baik apakah seseorang berisiko menularkan virus dalam kehidupan sehari-hari." Tes cepat direncanakan dapat diakses dengan gratis mulai 8 Maret.

Pelonggaran aturan pembatasan

Pemerintah federal mengatakan mulai 8 Maret, orang-orang dari dua rumah tangga berbeda dapat berkumpul secara kelompok hingga maksimal lima orang, tidak termasuk anak-anak di bawah usia 14 tahun.

Jika tingkat infeksi COVID-19 di negara bagian tetap di bawah 35 kasus, maka hingga 10 orang dari tiga rumah tangga dapat diizinkan berkumpul.

Namun, pemerintah tetap mendorong masyarakat untuk mempertahankan jaga jarak dan membatasi interaksi sebanyak mungkin.

Beberapa pembatasan yang sudah dicabut

Sebagian besar toko telah tutup sejak 16 Desember. Restoran, bar, fasilitas olahraga dan rekreasi telah ditutup sejak 2 November.

Jerman memberlakukan langkah pembukaan kembali pertama minggu ini. Pada hari Senin (01/03), salon diizinkan buka kembali setelah dua setengah bulan tutup. Pada hari yang sama, beberapa negara bagian Jerman juga mengizinkan bisnis seperti toko bunga dan toko perangkat keras untuk kembali buka.

pkp/gtp (AP, dpa, Reuters)

(ita/ita)