NASA Rilis Video dan Audio Pertama dari Ekspedisi Mars

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Selasa, 23 Feb 2021 16:31 WIB
Washington DC -

Badan antariksa Amerika Serikat, NASA pada hari Senin (22/02) merilis audio pertama dari Mars, yang berisi suara angin samar yang ditangkap oleh robot penjelajah Perseverance. Beberapa gambar pendaratan telah dirilis sebelumnya, tetapi untuk mengirim sinyal video ke Bumi membutuhkan waktu berhari-hari.

Video berdurasi 3 menit 25 detik tersebut menunjukkan penjelajahan dari rute Perseverance.

Setelah parasut terbuka, pesawat luar angkasa mendarat di permukaan Mars yang berdebu. "Ini benar-benar video yang luar biasa," kata Michael Watkins, Direktur Laboratorium Propulsi Jet NASA.

"Ini adalah pertama kalinya kami dapat menangkap peristiwa seperti pendaratan di Mars. Kami semua menontonnya selama akhir pekan, berkali-kali."

NASA juga merilis beberapa gambar panorama resolusi tinggi baru selama konferensi pers.

Seperti apa suara di Mars?

Meskipun mikrofon tidak berfungsi, penjelajah tetap mampu menangkap audio saat mendarat. Klip audio pendek mungkin tidak terlalu spektakuler, tetapi ini adalah rekaman audio pertama dari planet lain.

Penjelajah Perseverance membawa dua mikrofon. NASA sedang membuat "playlist Mars" yang dikumpulkan di situs web Sounds of Mars.

"Tetap di sini," kata NASA. "Kita mungkin segera mendengar suara dari dunia lain."

Pembaruan misi

Penjelajah yang baru diluncurkan beroperasi seperti yang diharapkan, kata Jessica Samuels, Manajer Misi Perseverance. "Saya dengan senang hati melaporkan bahwa Perseverance (dalam kondisi) sehat," katanya.

Dalam perkembangan terbaru misi lainnya, helikopter kecil "Ingenuity", yang berada di dalam rover, mengirimkan laporan status pertamanya ke pusat kendali di Pasadena, California.

Menurut NASA, tampak Ingenuity juga "berfungsi dengan sempurna".

Masih menempel di bagian bawah "Perseverance", helikopter Ingenuity akan mulai menjelajahi Mars dalam 30 hingga 60 hari dan akan menjadi penerbangan pertama kendaraan udara di atas planet lain.

Apa selanjutnya?

Misi utama Perseverance adalah mencari jejak kehidupan mikroba masa lalu di Mars dan mempelajari iklim dan geologi planet.

Rover itu sendiri memiliki berat sekitar 1.000 kilogram dan berukuran mobil kecil. Pada hari Kamis (18/02), pesawat itu memulai misi lain, sebuah manuver berisiko ke danau kering yang disebut "Kawah Jezero."

Dengan diameter sekitar 45 kilometer, Perseverance akan menjelajahi kawah tersebut selama dua tahun ke depan.

ha/pkp (AFP, DPA, Reuters)

(nvc/nvc)