Ini yang Dikatakan Obama Tentang Angela Merkel di Buku Terbarunya

Deutsche Welle (DW) - detikNews
Rabu, 18 Nov 2020 12:32 WIB
Jakarta -

Dalam buku memoar terbarunya yang dirilis Selasa (17/11),mantan presiden AS Barack Obama menyebut Angela Merkel sebagai politisi yang "dapat diandalkan, jujur dan presisi secara intelektual". Obama menceritakan berbagai pengalamannya ketika memimpin negara adidaya itu. Buku setebal lebih 1000 halaman ini adalah buku jilid pertama yang dirilis.

Obama menulis bahwa Angela Merkel awalnya memandang dia dengan skeptis, dan ini kemungkinan besar karena gaya pidatonya yang lantang dengan "retorika yang berlebihan."

Namun, Obama mengatakan bisa memahami itu. "Untuk kepala pemerintahan negara Jerman, penolakan terhadap gaya seperti seorang demagog mungkin merupakan sikap yang sehat," tulisnya. Setelah mengenal Merkel selama bertahun-tahun, Obama mengatakan menemukan banyak hal menyenangkan pada diri pemimpin Jerman itu.

Tapi dalam bukunya Obama juga mengkritik kebijakan Jerman di Yunani ketika negara itu terhuyung-huyung menghadapi krisis dan kehancuran finansial. Waktu itu, Angela Merkel dan Menteri Keuangan Wolfgang Schäuble bersikeras tidak melonggarkan kebijakan penghematan dan terus menekankan upaya mengurangi utang publik sebagai jawaban untuk hampir semua masalah ekonomi.

"Saya perhatikan bahwa mereka (Angela Merkel dan mantan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy) jarang menyebutkan bahwa bank-bank Jerman dan Prancis adalah beberapa pemberi pinjaman terbesar kepada Yunani, atau bahwa banyak dari akumulasi utang Yunani telah disita untuk membeli produk ekspor Jerman dan Prancis, "tulis Obama.

Obama mengeritik Nicolas Sarkozy, yang menurutnya "bukan lawan main yang seimbang " bagi Merkel. Tidak seperti Merkel, tulis Obama, Sarkozy tampak tidak terorganisir dalam menyusun rencana serius untuk reformasi ekonomi.

"Ketajaman strategis dan kesabaran"

Dalam bukunya Obama juga menguraikan karir Angela Merkel secara singkat kepada pembaca, mengatakan bahwa ketika tumbuh di bekas Jerman Timur, Merkel awalnya "terus menunduk." Namun ketika naik ke puncak partai Uni Kristen Demokrat CDU, Merkel mendemonstrasikan apa yang kemudian membentuk kariernya secara keseluruhan: "keterampilan berorganisasi", "kecerdasan strategis" dan "kesabaran yang tak tergoyahkan," tulis Obama.

Beberapa hari sebelum bukunya juga dirilis dalam bahasa Jerman, Obama juga memuji Merkel dalam sebuah wawancara dengan stasiun siaran swasta RTL. " Dia telah menjadi pemimpin politik yang luar biasa, tidak hanya untuk Jerman, tetapi bagi Eropa dan dunia," katanya dalam wawancara itu, yang dilakukan di Washington hari Jumat (13/11).

Jilid pertama memoar Obama "A Promised Land" setebal 1024 halaman diterbitkan dalam 25 bahasa pada hari Selasa (17/11), termasuk dalam bahasa Jerman.

hp/rzn (dpa, afp)

Tonton juga video 'Pidato Obama Memuji Biden di Michigan':

[Gambas:Video 20detik]




(ita/ita)